SIDOARJO, iNews.id-Meskipun bulan Maret 2024 bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya menunjukkan komitmennya dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Hal ini dibuktikan dengan pencapaian kinerja yang memuaskan di berbagai bidang. Pada Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) yang bertugas mengawasi dan memeriksa perlintasan orang di Bandara Juanda, tercatat telah dilakukan pemeriksaan 112.346 perlintasan orang datang dan 87.594 perlintasan orang berangkat.
Otoritas Imigrasi Bandara Juanda juga telah berhasil menunda keberangkatan 305 calon penumpang WNI yang diduga akan bekerja di luar negeri secara nonprosedural. Di sisi pelayanan, Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya yang beralamat di Jl. Bypass Juanda Km. 3-4 Sedati, Sidoarjo ini telah menerbitkan 8.559 Paspor Biasa 48 halaman, 1.017 e-Paspor, dan 206 Paspor Biasa 24 halaman.
Jumlah tersebut menunjukkan komitmen kantor dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Mojokerto. Pelayanan untuk orang asing pun menunjukkan hasil yang positif dengan diterbitkannya 123 Izin Tinggal Kunjungan, 267 Izin Tinggal Terbatas, dan 24 Izin Tinggal Tetap.
Kinerja gemilang juga ditunjukkan oleh Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian yang berhasil menindak 11 orang asing yang melakukan pelanggaran Tindak Administratif Keimigrasian (TAK).
Di sisi keuangan, tercatat pula realisasi anggaran sebesar Rp 8.881.283.072 yang menunjukkan pengelolaan keuangan yang efektif dan akuntabel.
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A. Muttaqin, menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajarannya atas kerja keras dan dedikasi tinggi dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, meskipun di tengah kondisi bulan puasa dan cuti Lebaran.
"Puasa dan cuti Lebaran tidak menjadi halangan bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kami selalu berkomitmen untuk bekerja secara profesional dan akuntabel," ujar Chicco. Jumat (19/ 4/ 2024).
Ia menambahkan bahwa capaian ini merupakan hasil kerja keras dan sinergi dari seluruh pegawai Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya.
"Saya harap capaian ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan keimigrasian di masa depan," tutup Chicco.
Editor : Yoyok Agusta Kurniawan
Artikel Terkait