get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa, Konsumsi 5 Makanan Ini

Rabu, 06 April 2022 | 23:48 WIB
header img
Makanan sehat untuk mencegah dehidrasi (Foto: Everyday Health)



1. Timun

Menurut praktisi kesehatan yang berbasis di New York City, dr Julie Devinsky, timun terdiri dari 95 persen air, karena itu makanan ini jadi salah satu yang paling baik untuk menghidrasi tubuh. Konsumsi timun bisa dengan berbagai cara, bisa langsung dimakan mentah atau jadi tambahan salad yang nikmat dimakan saat berbuka puasa. 

2. Seledri

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), seledri itu rendah kalori (hanya 15 kalori per empat batang). Tak hanya itu, seledri diketahui kaya akan vitamin dan mineral, pun mengandung air yang baik untuk hidrasi tubuh. Agar memakan seledri terasa lebih nyaman dan enak di lidah, Anda bisa menambahkan selai kacang ke atasnya. "Anda juga bisa tambahkan batang seledri ke salad tuna," saran dr Devinsky. 

3. Semangka 

Semangka tinggi air dan rendah kalori. Menurut USDA, dalam 1 cup semangka, kalori yang terkandung hanya 46 kalori. Itu kenapa, makanan ini baik untuk menghidrasi tubuh setelah seharian berpuasa. 
 

4. Melon

Dokter Sharma mengatakan, jika Anda bosan dengan semangka, pilihan buah lain yang bisa dijajal untuk menghidrasi tubuh adalah melon.

Ya, buah ini bukan hanya memiliki kandungan air dan potasium yang tinggi. Potasium adalah elektrolit alami yang baik. Anda bisa makan langsung melon segar saat buka puasa atau bisa menambahkan buah ini ke salad buah kesayangan Anda.

5. Stroberi 

Stroberi sudah dikenal sebagai buah yang kaya akan vitamin C. Menurut USDA, per 1 cup stroberi terkandung 100 mg vitamin C.  Bukan hanya kaya akan vitamin C, stroberi juga mengandung 91 persen air. Ini membuatnya dapat jadi pilihan buah yang baik untuk menghidrasi tubuh.iNewsSidoarjo.id

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur dan Buka Puasa, Khasiatnya Cegah Dehidrasi

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut