get app
inews
Aa Read Next : Kondisi Fisik Tak Bugar, Timnas Futsal Putri Indonesia Tetap Tumbangkan Myanmar

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa, Konsumsi 5 Makanan Ini

Rabu, 06 April 2022 | 23:48 WIB
header img
Makanan sehat untuk mencegah dehidrasi (Foto: Everyday Health)

JAKARTA, iNews.id –Bulan Ramadhan umat Islam diwajibkan berpuasa bagi mereka yang mampu. Selama menjalani ibadah puasa, akan menahan lapar dan haus.

Dengan kondisi berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi. Ada banyak penyebab dehidrasi.

Salah satunya, melakukan aktivitas yang berlebihan selama puasa. Maka itu, saat buka puasa, diharapkan kita dapat mengembalikan hidrasi tubuh. Makanya, disarankan untuk buka puasa dengan air putih. Ini diharapkan agar tubuh kembali terhidrasi, baru kemudian makan. 

Untuk menghidrasi tubuh usai seharian berpuasa, Anda tak hanya bisa mengandalkan asupan air putih. Dijelaskan Shreela Sharma, profesor dan ahli diet dari UTHealth School of Public Health di Houston, makanan juga bisa mengembalikan hidrasi tubuh. 

Jadi, Anda bisa memadukan minum air putih dengan makanan tertentu yang mempunyai manfaat hidrasi yang baik. Dengan mengonsumsi makanan untuk hidrasi, kata Sharma, bukan hanya hidrasi yang dicapai tapi juga pemenuhan gizi tubuh. 
 

"Makanan tidak hanya menghidrasi, tapi juga bergizi dan menyediakan berbagai nutrisi termasuk vitamin dan serat," kata Sharma. Tentunya, hal itu pun baik untuk tubuh yang kehilangan banyak nutrisi karena berpuasa.  Lantas, apa saja makanan yang dapat mencegah dehidrasi saat berpuasa? Makanan ini juga cocok dijadikan menu sahur dan berbuka puasa. Dilansir dari Everyday Health dan Cleveland Clinic, berikut ulasannya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut