Logo Network
Network

Inilah Sejumlah Pedang Kuno yang Ukir Peradaban Dunia

Alifia Nur Faiza
.
Kamis, 31 Maret 2022 | 19:21 WIB
Inilah Sejumlah Pedang Kuno yang Ukir Peradaban Dunia
Arslantepe dari Turki disebut sebagai pedang tertua di dunia (Foto: TWitter)

Memasuki abad ke-8 hingga akhir periode feodal di abad ke-19, pandai besi Jepang membuat pedang dengan teknik mengelas potongan besi dan baja bersamaan, kemudian ditumbuk.

Proses tersebut diulangi sebanyak 12 hingga 28 kali sampai menghasilkan pedang dengan bilah sangat tajam dan mampu menembus senapan mesin.

Pada abad ke-16, pedang berevolusi menjadi rapier yakni senjata dengan bilah lebih tipis dengan panjang hingga mencapai 2 meter.

Hadirnya rapier inilah yang mengawali permainan duel pedang. Tadinya orang Jerman menyelenggelarakan duel pedang sebagai pertarungan sampai mati dengan pedang yang tajam dan berat.

Lalu ketika masuk Prancis, permainan duel pedang itu 'diperhalus' menggunakan senjata lebih ringan untuk mengurangi risiko luka. Permainan duel pedang sekarang lebih dikenal sebagai olahraga anggar.

Pamor pedang menurun semenjak hadirnya senjata api, namun eksistensinya masih bertahan untuk waktu sangat lama. Saat ini, pedang dibuat sebagian besar sebagai seremonial. Negara yang masih menggunakan pedang adalah Jepang.

Berikut pedang dari zaman kuno yang mengukir sejarah peradaban :

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2 3 4 5 6
Bagikan Artikel Ini