get app
inews
Aa Read Next : 'Puas Bunda Tx For All' Pesan Misterius Berdarah Ditulis Ayah Pembunuh 4 Anak di Jagakarsa

Deretan Pesta Pernikahan Termahal di Dunia, Ada Pangeran Inggris

Minggu, 20 Maret 2022 | 21:41 WIB
header img
3 Pernikahan Termahal yang Pernah Diselenggarakan Umat Manusia. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Pesta pernikahan kalangan elit ini sempat menggemparkan dunia, Minggu (20/3/2022). Bagaiamana tidak, biaya yang harus digelontorkan untuk mengadakan pesta pernikahan mahal, hingga triliunan rupiah.

Bukan hanya biaya mahal, tamu undangan yang hadir juga kalangan elit. Lalu pesta pernikahan siapa saja termahal yang sempat menggemparkan dunia.

Melansir dari iNews.id, ada tiga pernikahan termahal yang pernah diselenggarakan umat manusia. Berikut deretan pernikahan tersebut :

1. Pangeran Charles dan Lady Diana.

Pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana. Pernikahan bangsawan dari Kerajaan Inggris dikenal termahal dalam sejarah. Diselenggarakan pada 29 Juli 1981 di gereja katedral St. Paul, London, pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana disebut-sebut sebagai ‘The Wedding of The Century’ atau Pernikahan Abad Ini.

Kerajaan Inggris harus menghabiskan biaya sebesar US$ 137 juta atau sekitar Rp1,9 triliun untuk pesta yang dihadiri 3.500 tamu. Para tamu yang hadir terdiri dari tokoh-tokoh penting dunia, termasuk sebagian besar kepala negara atau raja di negara-negara Eropa.

Tak hanya di Eropa, euforia pernikahan Pangeran Charles dan Lady Diana bahkan menjalar ke seluruh dunia. Berbagai saluran televisi dari 74 negara menyiarkan upacara pernikahan tersebut dan ditonton oleh 750 juta orang.

Gaun yang Lady Diana kenakan pada saat hari pernikahan juga menjadi sorotan karena kemewahannya. Gaun yang didesain oleh David dan Elizabeth Emanuel tersebut dibuat dari kain sutra dan dihiasi dengan 10.000 mutiara serta dibanderol seharga £ 90.000.

Tak hanya gaun, Lady Diana juga mengenakan sepatu terbaik rancangan Clive Shilton yang terbuat dari satin dan renda dengan dihiasi 542 payet dan 132 mutiara.

Selain itu, Kerajaan Inggris juga membayar US$ 600.000 sebagai biaya keamanan untuk melindungi acara pernikahan dari ancaman gerilyawan Republik Irlandia.

2. Isha Ambani dan Anand Piramal.

Pernikahan termahal kedua datang dari pasangan konglomerat India, yaitu Isha Ambani dan Anand Piramal yang diselenggarakan di bulan Desember 2018 dan dihadiri 800 tamu undangan. Isha Ambani merupakan direktur utama Reliance Jio dan Reliance Retail yang juga menjadi salah satu perempuan paling berpengaruh di Asia.

Ayahnya tercatat merupakan orang terkaya keenam di dunia versi majalah Forbes pada 2020. Sedangkan suaminya, Anand Piramal merupakan direktur eksekutif di Piramal Group sekaligus putra miliarder India, Ajay Piramal.

Menyatukan dua keluarga konglomerat di India, pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal menelan biaya sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. Berbagai tokoh penting, seperti Hillary Clinton, Amitabh Bachchan, Priyanka Chopra, Nick Jonas, hingga Shah Rukh Khan tampak menghadiri pernikahan keduanya.

Bahkan penyanyi kelas dunia, Beyonce diminta menjadi pengisi acara pada pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal. Digelar di beberapa lokasi yang berbeda selama beberapa hari, pihak penyelenggara menyiapkan pesawat khusus untuk membawa tamu undangan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selain itu, Isha Ambani dan Anand Piramal diketahui juga mendonasikan 5.100 makanan untuk dibagikan kepada orang-orang yang tidak mampu di hari pernikahannya.

Setelah acara pernikahan selesai, Isha Ambani dan Anand Piramal siap menempati sebuah rumah mewah seharga Rp900 miliar yang merupakan kado pernikahan dari orangtua mempelai putra.

3.Sushanto Roy dan Seemanto Roy.

Pernikahan termahal ketiga diselenggarakan Sushanto Roy dan Seemanto Roy. Mereka merupakan anak konglomerat Subrato Roy, direktur utama Sahara India Pariwar yang sangat terkenal di negaranya.

Pernikahan yang digelar pada 10 Februari 2004 dan dihadiri oleh 1.100 tamu ini menelan biaya yang sangat fantastis, yaitu sebesar US$ 75 juta.

Berbagai tokoh penting dari kalangan selebriti, pengusaha, dan politikus tampak hadir dalam acara tersebut.

Pada pernikahan mereka tampil juga dance group ternama di India, Shiamak Davar dan alunan musik dari British Symphony Orchestra.

Selain itu, beberapa tamu undangan difasilitasi pesawat jet pribadi untuk menghadiri pernikahan ini.

Terdapat 110 jenis makanan yang berbeda dari berbagai negara di dunia disiapkan untuk menjamu tamu undangan dan 150.000 tunawisma. Tak hanya itu, Sushanto Roy & Seemanto Roy juga menikahkan 101 gadis kurang mampu di India. Sidoarjo.iNews.id

Atikel berita ini telah tayang di iNews.id dengan judul. "3 Pernikahan Termahal di Dunia, Ada yang Habiskan Biaya Nyaris Rp 2 Triliun hingga Siapkan Jet Pribadi".

Baca artikel berita ini :

https://www.inews.id/lifestyle/seleb/3-pernikahan-termahal-yang-pernah-diselenggarakan-umat-manusia

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut