get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Hari Ini Pemprov Jatim Berangkatkan Jemaah Umroh di Bandara Juanda

Senin, 14 Maret 2022 | 08:00 WIB
header img
Pelaku perjalanan internasional dari Brunai Darussalam tiba di Bandar Udara Internasional juanda, Senin, (28/2/2022). Ilustrasi.

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id - Seluruh jemaah umrah di Jawa Timur akan diberangkatkan via Bandara Juanda Surabaya di Sidoarjo hari ini, Senin (14/3/2022).

Melansir dari Jatim.iNews.id, pihak Pemprov Jatim akan melepas keberangkatan jamaah umrah dengan maskapai Lion Air dan Garuda Indonesia.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Pemprov Jatim sudah memersiapkan dan memprioritaskan perlindungan Pelaku Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dari Jatim.

"Koordinasi dengan para agen pelaksana umrah harus intensif. Karena peminat di Jatim sangat tinggi sekali," ucap Khofifah seusai mimpin Rakor Pembukaan PPIU dari Bandar Juanda di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (13/3/2022).

Menurut Khofifah, perlindungan ekstra hati-hati harus dilakukan pada jamaah yang masuk dalam kategori lansia serta lansia yang memiliki penyakit bawaan (komorbid).

Apalagi, pada dasarnya seperti diketahui bersama pandemi Covid-19 belum bisa disebut selesai, meskipun trennya melandai.

"Maka kehati-hatian secara ekstra harus tetap dilakukan dengan menjaga protokol kesehatan," katanya.

Lebih jauh menurut dia, meski Pemerintah Saudi Arabia telah menerbitkan peraturan yang tidak mengharuskan jamaah membawa hasil swab antigen atau PCR, pada proses kepulangan jamaah tetap wajib swab di lokasi kedatangan jama'ah umrah.

"Misalnya jika kedatangan akhir di Juanda, nanti akan dilakukan swab di Juanda," ungkapnya.

Khofifah menambahkan, sembari menunggu hasil swab terbit, jamaah akan beristirahat di hotel yang telah ditentukan oleh KKP dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Di mana, sebanyak 27 hotel dengan total kapasitas 1.299 bed telah disiapkan oleh KKP, PHRI dan Dinkes Jatim serta telah disampaikan pula kepada Menkomarves Luhut Pandjaitan.

"Jumlah hotel ini masih bisa bertambah kedepannya disesuaikan kebutuhan. Namun 27 hotel ini sudah terverifikasi dan masih cukup. Namun, antisipasi seiring bertambahnya jumlah penerbangan maskapai, bisa diexercise untuk menjadi 61 hotel. Saat ini hanya 27 yang terverifikasi," beber Khofifah.

Selain itu, peningkatan jumlah jamaah haji umrah seiring memasuki bulan ramadhan juga harus diantisipasi dengan ditingkatkannya jumlah jadwal penerbangan dari maskapai.

"Hari ini ada perwakilan dari Garuda Indonesia dan Lion Air hadir, saya harapkan bisa bertambah jumlah penerbangannya. Karena minat masyarakat ibadah umrah di bulan Ramadhan sangat tinggi," ujar Khofifah.

Berdasarkan data dari Lion Air di Bulan April, maskapai ini akan melakukan dua kali penerbangan dalam satu minggu. Sehingga dalam satu bulan akan ada delapan kali keberangkatan jamaah.

Untuk Garuda Indonesia, April akan melangsungkan tiga kali penerbangan umrah dalam satu bulan.

Kemenag Jatim Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jatim Husnul Maram mengungkapkan, rasa syukurnya atas telah dibukanya penerbangan jamaah umroh dari bandara Internasional Juanda.

Husnul menyebut Kanwil Kemenag akan mengikuti seluruh standar operasional yang telah disetujui bersama dari Ratas hari ini. Sehingga masyarakat yang melakukan ibadah umroh, bisa berangkat tanpa test PCR tetapi pada proses kepulangan akan tetap dilakukan tes PCR di tujuan akhir masing-masing. Lalu akan dikarantina sambil menunggu hasil tesnya terbit.

"Hanya menunggu tanpa karantina. Satu hari saja. Kalau negatif pulang kalau positif ya isolasi di hotel. Tidak ada tambahan aturan lain," ujarnya.

Artikel berita ini telah tayang di Jatim.iNews.id dengan judul. "Bandara Juanda Berangkatkan Jamaah Umroh Mulai Senin Besuk, Ini Pesan Khofifah".

Baca artikel berita ini :

https://jatim.inews.id/berita/bandara-juanda-berangkatkan-jamaah-umrah-mulai-senin-besok-ini-pesan-khofifah/2

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut