get app
inews
Aa Read Next : Personel ARFF Juanda Unjuk Gigi, Kolaborasi dengan U.S. Marine Tingkatkan Kualitas

Menkumham Pastikan Peningkatan Layanan Imigrasi di Bandara Juanda dengan Pemasangan Autogate

Minggu, 29 September 2024 | 17:17 WIB
header img
Saat Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, melakukan kunjungan kerja ke Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, pada Sabtu, (28/9)

Sementara itu pada tahun ini, Ramdhani mengungkapkan bahwa Bandara Juanda mencatatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp33,1 miliar, dengan rincian denda alat angkut sebesar Rp600 juta dan penerimaan Visa on Arrival (VOA) sebesar Rp31,8 miliar.

"Kemudian di tahun 2024 ini, DIPA (Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran) TPI Juanda sebesar 2.324.479.000 dan hingga saat ini tersisa 116.489.251," paparnya.

Selain itu, Heni Yuwono turut menambahkan bahwa pihaknya mendukung penuh langkah-langkah inovatif yang dilakukan Kantor Imigrasi Surabaya dalam memperbaiki kualitas layanan.

"Kami sangat mendukung penggunaan autogate untuk mempercepat proses pemeriksaan, serta memastikan Juanda dapat bersaing dengan bandara internasional lainnya dalam hal pelayanan," ujar Heni.

Ia juga berharap dengan adanya autogate ini dapat meningkatkan kualitas layanan imigrasi di Bandara Internasional Juanda, sejalan dengan upaya pemerintah dalam mempermudah mobilitas internasional di Indonesia.

"Dengan komposisi personel sebanyak 19 orang per pemeriksaan, Juanda saat ini memiliki 22 konter pemeriksaan yang direncanakan akan ditambah dengan 28 unit autogate (10 untuk keberangkatan dan 18 untuk kedatangan), guna mempercepat proses dan meningkatkan efisiensi pelayanan," tandasnya.

Di samping itu, masih dalam kesempatan yang sama Supratman juga melihat langsung fasilitas di Ruang Passenger Analysis Unit (PAU) serta area yang direncanakan sebagai lokasi imigrasi khusus keberangkatan umrah.

Ia berpesan kepada seluruh petugas agar bekerja dengan baik sesuai standar operasional prosedur (SOP) dan menghindari penyalahgunaan wewenang.

"Kita harus memberikan pelayanan terbaik dan menghindari keluhan. Pastikan seluruh proses berjalan sesuai SOP agar pelayanan kepada penumpang, baik domestik maupun internasional, tidak mengalami kendala," pungkasnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut