get app
inews
Aa Read Next : Viral! Beredar Video TKI Diduga Asal Sidoarjo Mengaku Dipaksa jadi Admin Judol dan Disiksa

Bisa Dihidupkan Kembali di 2028, Seperti Apa Spesies Punah Mammoth Berbulu?

Senin, 02 September 2024 | 17:17 WIB
header img
Mammoth berbulu.

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kemajuan ilmu genetika dalam beberapa tahun terakhir membawa manusia semakin dekat dengan kemungkinan untuk menghidupkan kembali spesies yang telah punah, seperti mammoth berbulu.

Namun, gagasan untuk memutar kepunahan ini menimbulkan masalah etika, ekologi, dan teknologi yang signifikan.

Dikutip dari okzone.com pada Senin (2/9/2024) melalui Gadgets 360, strategi perusahaan tersebut melibatkan pengintegrasian materi genetik spesies yang telah punah ini ke dalam genom kerabat terdekat mereka yang masih hidup, dengan tujuan untuk menciptakan kembali hewan yang dapat memainkan peran penting dalam ekosistem mereka.

Adapun pada 2003, para ilmuwan mencapai keberhasilan singkat dalam "menghidupkan kembali" spesies yang telah punah dengan mengkloning ibex Pirenia, spesies yang telah punah.

Meskipun klon tersebut hanya bertahan hidup sebentar karena cacat paru-paru, peristiwa ini menandai dimulainya minat ilmiah yang serius untuk menghidupkan kembali spesies yang telah punah.

Saat ini, teknologi telah berkembang ke titik di mana menciptakan kembali spesies yang telah lama punah menjadi kemungkinan yang realistis. Pemain utama dalam upaya ilmiah ini adalah Colossal Biosciences, sebuah perusahaan yang berkantor pusat di Texas yang telah menetapkan pandangannya untuk menghidupkan kembali beberapa spesies ikonik, termasuk mammoth berbulu, burung dodo, dan harimau Tasmania.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut