get app
inews
Aa Read Next : Rilis Terbaru Daftar Pinjol yanga Terdaftar OJK

UNUSIDA Berangkatkan 475 Peserta KKN 2024, Siap Mengabdi dan Berkhidmah ke Masyarakat.

Senin, 22 Juli 2024 | 15:11 WIB
header img
Plt Bupati Sidoarjo Subandi (tengah) saat melepas ratusan mahasiswa Unusida di Pendopo Delta. Senin (22/7/2024).

SIDOARJO, iNews.id-Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Melalui KKN ini, kita tidak hanya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, tetapi juga memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan dalam komunitas kita.

Pada tahun ini, KKN UNUSIDA BERDAYA diikuti oleh 475 mahasiswa, yang terbagi dalam 5 fokus kegiatan.

Pertama, penempatan di 31 RT di Sidoarjo yg merupakan pemenang lomba RT Dinas PMD, yaitu 6 pemenang RT Jimpitan, 6 pemenang RT Sehat, 7 pemenang RT Asri, 6 pemenang RT Berbudaya, dan 6 pemenang RT Mandiri.

Kedua, Kawasan wisata di Sedati di 3 desa yakni Desa Gisik Cemandi, Desa Tambak Cemandi dan Desa Banjar Kemuning. Ketiga, Fasilitas umum kerja sama dengan Dinas Perikanan Sidoarjo di kawasan depo pasar ikan.

Keempat, KKN di 2 pondok pesantren yakni Pondok Pesantren Nurul Ikhlas dan Pondok Pesantren Al Hidayah. Kelima, KKN tematik dari Fakultas Ilmu Komputer (Filkom).

KKN Unusida 2024 ini mengusung tema "Sinergi Komunitas, Pemberdayaan, dan Pengembangan Berkelanjutan di Sidoarjo melalui Inovasi dan Pariwisata" yang berfokus pada pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.

Rektor Unusida, Dr. H Fatkul Anam berharap, melalui KKN kali ini mahasiswa dapat secara langsung terjun dan membaur di tengah masyarakat untuk mengimplementasikan teori-teori yang sudah di ajarkan di waktu kuliah.

Dengan begitu, mahasiswa dapat belajar dalam bersosial untuk membantu memberikan solusi yang tepat guna bagi permasalahan di masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat belajar langsung dari masyarakat, dapat memetakan potensi yang ada, serta memberikan sumbangsih ide dan inovasi yg tepat guna," terangnya saat menyampaikan sambutan dalam Pembukaan dan Pelepasan Peserta KKN Unusida Berdaya 2024 di Pendopo Delta Wibawa, Senin (22/07/2024).

"Saya ucapkan selamat kepada para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN. Semoga kalian dapat melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi tinggi. Marilah kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi KKN UNUSIDA BERDAYA, memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat, dan membawa perubahan positif bagi lingkungan sekitar,” terangnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut