get app
inews
Aa Read Next : UNUSIDA Berangkatkan 475 Peserta KKN 2024, Siap Mengabdi dan Berkhidmah ke Masyarakat.

Budidaya dan Olahan Lidah Buaya, Jadi Produk Komoditi Baru KKN Stie Pemuda di Sidoarjo

Sabtu, 03 Agustus 2024 | 01:23 WIB
header img
Acara penutupan KKN STIE Pemuda Surabaya dan dihadiri perangkat desa, Sabtu (27/7/2024).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id – Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung selama satu bulan dan bertempat di Sidoarjo dengan pemberdayaan lingkungan.

Dirjen Dikti telah mewajibkan setiap Perguruan Tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yaitu: pendidikan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (Stie) Pemuda Surabaya membawa misi dalam KKN tahun ini, yakni pemberdayaan lingkungan dengan pemanfaatan budidaya serta olahan lidah buaya menjadi produk komoditi baru yang bermanfaat di masyarakat sekitar.

Diketahui, Sebelumnya tanaman lidah buaya adalah tanaman hias yang kaya manfaat ini sering dijumpai di rumah – rumah dan dimanfaatkan sebagai masker rambut atau sekedar penghijauan lingkungan.

Namun dalam misi KKN kali ini, Mahasiswa Stie Pemuda Surabaya mengolah berbagai macam produk makanan atau minuman seperti Permen, Puding, Minuman botol dan manisan lidah buaya oleh 15 mahasiswa S1 Manajemen selama satu bulan (30 Juni – 29 Juli 2024) siap untuk menerapkan ilmu yang diperoleh dalam lingkungan nyata.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Nur Hidayah, S.E,MM menekankan pentingnya menjaga nama baik Stie Pemuda di lokasi KKN.

“KKN bukan hanya sekadar sebuah kewajiban akademis, tetapi juga panggilan untuk membuktikan bahwa mahasiswa Stie Pemuda mampu menjadi agen perubahan yang berkomitmen pada nilai-nilai sosial. Dengan berlangsungnya KKN ini, diharapkan Mahasiswa mampu melaksanakan KKN dengan baik, mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh, dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat. Selamat berkarya para jawara Stie Pemuda! Salam Akselerasi membangun negeri,” ungkapnya, saat di temui di Lokasi KKN di Desa Tebel, Kec. Gedangan, Sidoarjo, Jumat (2/8/2024).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut