get app
inews
Aa Read Next : Dua Siswi SMPN Jabon Terluka Parah Tertabrak Truk Saat Pulang Sekolah

Gebyar Prestasi Santri 2024, Digelar di Ponpes Tahfidz Manba'ul Qur'an Porong

Senin, 22 Juli 2024 | 01:58 WIB
header img
Salah satu peserta lomba di ajang Gebyar Prestasi Santri 2024 saat unjuk kebolehannya. Minggu (21/7/2024).

SIDOARJO, iNews.id - Puluhan santri dan siswa Madrasah Diniyah se-kecamatan Porong, Sidoarjo, antusias mengikuti berbagai lomba dalam gelaran "Gebyar Prestasi Santri" yang diadakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Manba'ul Qur'an, Porong, pada Minggu (21/7/2024).

Ajang perlombaan dua tahunan ini digagas oleh Forum Komunikasi Diniyah Takmiliah (FKDT) Islam Madina dan diikuti oleh 97 peserta dari berbagai ponpes dan madin di Kecamatan Porong.

Para peserta saling beradu kemampuan dalam 11 cabang lomba, mulai dari baca pidato bahasa Arab dan Indonesia hingga hafalan Al-Quran.

Subekhan Zainuri, S.Ag., ketua koordinator FKDT Islam Madina kecamatan, mengatakan bahwa tahun ini jumlah cabang lomba lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

"Pemenang dari setiap cabang akan diikutsertakan ke tingkat kabupaten pada tanggal 28 Juli di Ponpes Al Amanah, Junwangi, Krian. Kemudian tingkat provinsi pada Oktober di Jember dan tingkat nasional di Lampung pada November," jelasnya.

Kegiatan ini diadakan setiap dua tahun sekali dan bersifat wajib, lanjut Subekhan, untuk mengukur kemampuan anak didik dan proses belajar di lembaga. Lomba ini juga menjadi tolak ukur dalam penilaian suatu lembaga dan ponpes.

"Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan motivasi kepada orang tua bahwa mengaji itu penting untuk anak dan dapat memperdalam nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari," terang Subekhan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut