get app
inews
Aa Read Next : Semangat Baru untuk Jawa Timur! Adhy Karyono Tekankan Persatuan dan Kolaborasi

Pertahankan Disertasi Soal Lumpur Sidoarjo, Cak Shofwan Wakil Ketua BKNU Sidoarjo Raih Gelar Doktor

Selasa, 25 Juni 2024 | 14:41 WIB
header img
Moch. Shofwan, S.Pd., M.Sc., CHRM itu resmi meraih gelar doktor dalam Program Studi Doktor Ilmu Administrasi (Bidang Kajian Pengembangan Wilayah dan Kebencanaan) dari FISIP Untag Surabaya. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNews.id - Perjuangan Cak Shofwan untuk menempuh gelar doktoral kini terwujud. Hal itu usai berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul :

"Pengembangan Wilayah di Kawasan Bencana Lumpur Sidoarjo: Studi tentang Pengembangan Infrastruktur dan Kawasan Terbangun" di hadapan Dewan Penguji dan Profesor pada Selasa (25/6/2024).

Kini, pria bernama lengkap Moch. Shofwan, S.Pd., M.Sc., CHRM itu resmi meraih gelar doktor dalam Program Studi Doktor Ilmu Administrasi (Bidang Kajian Pengembangan Wilayah dan Kebencanaan) dari FISIP Untag Surabaya.

Dalam disertasi yang dipertahankan itu mengungkap, bencana Lumpur Sidoarjo yang terjadi pada 29 Mei 2006 telah menenggelamkan beberapa desa di Kecamatan Porong, Kecamatan Tanggulangin, dan Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Bencana ini dipicu oleh keluarnya gas dan lumpur panas dari dalam tanah dengan suhu mencapai 100°C. Hingga kini, semburan lumpur tersebut masih berlanjut dan belum menunjukkan tanda-tanda akan berhenti dalam waktu dekat.

Semua upaya untuk menghentikan keluarnya lumpur sejauh ini belum berhasil. Dampak dari semburan lumpur Sidoarjo sangat signifikan terhadap perencanaan dan pemanfaatan lahan di sekitar kawasan bencana.

Hal ini terutama terlihat dalam pengembangan infrastruktur dan kawasan terbangun, baik untuk permukiman, kawasan industri, kawasan perdagangan dan jasa, serta fasilitas umum dan sosial.

Ia yang juga merupakan Dosen Perencanaan Wilayah dan Kota di Fakultas Teknik, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, menyampaikan hal ini dalam disertasinya.

Cak Shofwan, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Badan Kemaritiman PCNU Sidoarjo, menekankan pentingnya collaborative governance dalam penanganan pasca bencana, khususnya dalam penataan ruang dan pengembangan wilayah.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut