get app
inews
Aa Read Next : Keluarga Warga Binaan Antusias Manfaatkan Kunjungan Khusus Idulfitri di Lapas Surabaya

Komnas HAM Pantau Pelaksanaan Pemilu di Lapas IIA Sidoarjo

Rabu, 14 Februari 2024 | 14:20 WIB
header img
Proses pencoblosan di Lapas Kelas IIA Sidoarjo. Rabu (14/2/2024).

SIDOARJO, iNews.id- Pelaksanaan pemilu di Lapas IIA Sidoarjo mendapatkan atensi khusus dari Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM). Komisioner dari Komnas HAM, Anis Hidayah melakukan pemantauan pelaksanaan pemungutan suara di tiga TPS khusus di Lapas Sidoarjo, hari ini (14/2).

"Kami sangat senang Komnas HAM hadir untuk memantau pelaksanaan pemungutan suara di Lapas Sidoarjo," ujar Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jatim, Asep Sutandar.

Menurut Asep, kehadiran Komnas HAM bisa menjadi mitra sekaligus pengawas dalam pelaksanaan pesta demokrasi di lapas dan rutan di Jatim. Sehingga dapat menjadi pengawas langsung saat proses pesta demokrasi itu.

"Kami tekankan kepada seluruh jajaran yang menjadi petugas KPPS agar bersikap netral dan memberikan pelayanan terbaik kepada warga binaan," jelasnya.

Sementara itu, Anis mengatakan bahwa Komnas HAM melakukan pemantauan dalam pemilu 2024 ini. Khususnya bagi tempat-tempat yang melayani kelompok minoritas atau kelompok rentan.

"Pemenuhan hak pilih bagi warga binaan sangat penting untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik," terang Anis.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut