get app
inews
Aa Read Next : 5 Negara Terjunkan Bantuan Pesawat Militer di Gaza

Pecinta Kuliner, Waspada Ini 5 Makanan Berpotensi Sebabkan Keracunan

Sabtu, 03 Februari 2024 | 13:32 WIB
header img
Ilustrasi (Foto: Instagram/@theculinarycentral)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Menyantap hidangan di restoran atau tempat makan di pinggir jalan sama saja menyerahkan kesehatan Anda ke tangan orang lain. Oleh karenanya, lebih bijak dan waspadalah saat Anda berwisata kuliner.

Adapun, menurut Badan Kesehatan Masyarakat Kanada, sebanyak empat juta orang Kanada jatuh sakit setiap tahunnya. Makanan yang disantap terkontaminasi, serta penyakit terkait dengan makanan menyebabkan lebih dari 11.500 orang dirawat di rumah sakit dan 250 kematian setiap tahunnya.

Dikutip dari okzone.com pada sabtu (3/2/2024) melalui CTV News, setidaknya ada lima jenis makanan yang menjadi sumber utama keracunan makanan. Berikut ulasannya;

1. Salad dan toge Menurut Health Canada, sayuran hijau dapat terkontaminasi patogen berbahaya, seperti E. coli dan salmonella. Michael Gaenzle, ilmuwan yang mengajar mikrobiologi pangan dan keamanan pangan mikroba di Universitas Alberta di Edmonton menjelaskan, hal ini juga dapat terjadi pada benih yang dipanen untuk menumbuhkan kecambah.

“Makanan terburuk mungkin adalah kecambah. Pada kecambah, Anda memperbesar risiko terjangkit penyakit karena selama proses bertunas, organisme memiliki peluang untuk tumbuh,” kata Michael.

Kecambah dan sayuran hijau juga dapat terkontaminasi selama pengemasan, pemrosesan, pengiriman, dan kontaminasi silang.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, sayuran hijau harus dicuci bersih, disimpan di lemari es bersih dengan suhu diatur 4,4 C atau lebih dingin, dan dipotong di talenan bersih.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut