get app
inews
Aa Read Next : Kibarkan 25 Ribu Bendera Partai Serentak di 24 Kabupaten-Kota, Apa Alasan Perindo Sulsel?

Kisah Ibnu Jebolan Kursus yang Berhasil Menjadi Ground Staff Garuda Indonesia

Senin, 22 Januari 2024 | 14:17 WIB
header img
Ibnu Mubarok, seorang Ground Staff Garuda Indonesia lulusan LKP Papua Terdepan Aviation & Hospitality. Foto/Ditjen Vokasi

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Berikut adalah kisah Ibnu Mubarok, seorang Staf Darat di Garuda Indonesia. Ibnu telah menyelesaikan pendidikannya di Papua Terdepan Aviation & Hospitality Training Institute, Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Sorong, Papua Barat Daya. Salah satu program terkemuka dari Direktorat Kursus dan Pelatihan di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK).

PKK memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan kepada siswa vokasi sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri, khususnya dalam sektor penerbangan. Ibnu Mubarok, sebagai alumni PKK tahun 2023, kini menjalani karier sebagai Ground Staff untuk maskapai penerbangan kebanggaan Indonesia, Garuda Indonesia, di Bandara Domine Eduard Osok (DEO), Sorong.

“Sebelumnya saya belum pernah bekerja. Lalu, saya pun tertarik di bidang penerbangan dan ingin belajar lebih dalam. Program PKK sangat membantu dan LKP Papua Terdepan pun mengarahkan saya untuk siap kerja,” katanya, dikutip dar laman Ditjen Vokasi, Minggu (21/1/204).

Seorang pemuda berusia 20 tahun tersebut mengungkapkan bahwa dia memulai karirnya pada tanggal 4 Desember 2023. Berkat program PKK, dia dapat dengan cepat beradaptasi dalam melayani penumpang maskapai, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Menurutnya, pengalaman tersebut secara signifikan meningkatkan keterampilan interpersonalnya dalam berkomunikasi dengan orang asing.

"Tugas sehari-hari saya melibatkan membantu penumpang dari proses check-in dan pemberangkatan hingga boarding pesawat, serta menangani bagasi penumpang." Jelas Ibnu.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut