get app
inews
Aa Read Next : Ganjar Pranowo Gelar Kampanye Akbar di Sidoarjo, Ajak Pendukung Raih Suara Maksimal

Tingkatkan Kesejahteraan Nelayan, Ganjar Ingin Perketat Kapal Asing Tangkap Ikan di Indonesia

Rabu, 20 Desember 2023 | 18:18 WIB
header img
Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo menegaskan bakal memperketat kapal asing menangkap ikan di laut Indonesia demi meningkatkan kesejahteraan nelayan. (Foto: Istimewa)

BOGOR, iNewsSidoarjo.id – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo, menegaskan kesejahteraan nelayan menjadi prioritas utama yang harus diperjuangkan. Salah satunya dengan memperketat kapal asing yang menangkap ikan di laut Indonesia.

"Bicara soal maritim, laut dan perairan Indonesia itu sangat besar. Sayang, dari 77 persen laut dan perairan kita, kontribusinya untuk GDP negara baru 7,6 persen. Ini karena potensi itu belum dikelola maksimal dan kedaulatan laut kita belum bisa ditegakkan," kata Ganjar di hadapan para akademisi Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam acara Food & Agriculture Summit III di IPB International Convention Center, Bogor, Selasa (19/12).

Ganjar menjelaskan berdasarkan data yang diperoleh, Indonesia sangat rentan terhadap ilegal, unreported, unregulated fishing (IUU). Apalagi, indeks IUU Indonesia hanya berada di angka 6 dari 152 negara.

"Kita butuh ketegasan soal ini. Sebab kalau tidak, potensi laut kita akan diambil alih oleh negara asing. Bayangkan ada berita nelayan asing ditangkap usai 17 tahun mencuri ikan di laut Indonesia. 17 tahun lho, itu waktu yang sangat lama," katanya, dilansir dari iNews.id pada Rabu (20/12/2023).

Dia menegaskan kedaulatan laut menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dibereskan. Menurutnya, cara yang bisa ditempuh dengan menegakkan aturan bagi nelayan asing dan menyelesaikan sengketa perbatasan maritim dengan negara tetangga.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut