get app
inews
Aa Read Next : Mayor Teddy Gantikan Mayor Inf Ade Fian, Jabat Wadanyonif Para Raider 328/Dirgahayu

Mengenal Anak Pedagang Kelontong yang Sukses Menjabat Kaskostrad

Rabu, 13 Desember 2023 | 10:11 WIB
header img
Jenderal TNI Farid Makruf saat memberikan pengarahan kepada pasukan. (Foto:ist)

SIDOARJO, iNews.id-Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak M.Sc., memimpin upacara serah terima jabatan strategis di lingkungan TNI AD, bertempat di Markas Besar Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Farid Makruf menjadi salah seorang perwira di lingkungan TNI yang mendapat promosi jabatan. Farid dipromosi menjadi Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kaskostrad).

Adapun Pangdam V/Brawijaya selanjutnya akan dipimpin Mayjen TNI Rafael Granada Baay. Rafael sebelumnya adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Sedangkan Farid menggantikan Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa yang dipromosi menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Mutasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/1384/XI/2023 Tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. SK tersebut ditandatangani Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto pada Rabu (29/11/2023).

Dari keterangan tertulis yang diterima iNewsSidoarjo.id dari Satuan Penerangan Kodam (Pendam) Brawijaya Surabaya, Farid lahir di Desa Petrah, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Bangkalan, Madura pada 6 Juli 1969 bisa jadi membuat Farid Makruf cocok dengan karakter Korps Pasukan Khusus yang garang. Terlahir dari keluarga pedagang kelontong di pasar Tanah Merah, sekitar 21 kilometer dari Bangkalan, Farid Makruf kecil sudah belajar memahami karakter masyarakat.

Seperti Emha Ainun Nadjib, budayawan kesohor bilang bahwa pasar adalah universitas terbaik. Di pasarlah, segala macam karakter orang bertemu. Bekal itulah yang dibawanya hingga menjadi komandan di beberapa satuan. Kemampuannya memahami karakter anak buah dan cepat tanggapnya atas kebutuhan anggota membuatnya akrab tapi tetap disegani.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut