get app
inews
Aa Read Next : Ruwat Desa Randegan, Wabup Subandi Tekankan Masyarakat Guyup Rukun Pasca Pemilu

Ruwat Desa Balongtani, Wabup Subandi: Akar Budaya yang Harus Dijaga

Selasa, 21 November 2023 | 11:07 WIB
header img
Tradisi ruwat desa masih tetap lestari di Sidoarjo. Seperti yang dilakukan warga Desa Balongtani, Kecamatan Jabon, dengan menggelar festival seni dalam rangka ruwat desa, Minggu (19/11).

SIDOARJO, iNews.id - Tradisi ruwat desa masih tetap lestari di Sidoarjo. Seperti yang dilakukan warga Desa Balongtani, Kecamatan Jabon, dengan menggelar festival seni dalam rangka ruwat desa, Minggu (19/11).

Kegiatan ini diberangkatkan oleh Wakil Bupati Sidoarjo, Subandi. Ia mengatakan, ruwat desa tidak sekadar sebagai ungkapan rasa syukur, tetapi juga mendoakan para leluhur.

Selain itu, juga untuk menjaga silaturahmi antara sesama warga dan menjaga persaudaraan antar warga tetap terjaga.

"Meskipun kita saat ini telah di masa era digital, tapi ruwat desa ini masih menjadi akar budaya, yang terus melekat kuat di masyarakat," kata Subandi. Senin, (10/11/2023).

Ia juga mengingatkan kepada seluruh warga Desa Balongtani, bahwasannya menjelang pelaksanaan pesta demokrasi tahun depan harus tetap hidup guyub rukun. Jangan mudah terpecah belah, terprovokasi. Meskipun beda pendapat, harus tetap jaga toleransi.

"Pesta demokrasi adalah pesta rakyat, jadi kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan pendapat. Jangan sampai kita terpecah belah hanya karena perbedaan pilihan politik," ujar Subandi.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut