get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Ketika Para Pengrajin Tas Kulit di Sidoarjo Dapat Pemeriksaan Mata hingga Kacamata Gratis

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 22:57 WIB
header img
Aksi sosial pemeriksaan mata gratis digelar Eyelink Foundation bersama Natamata Eyewear kepada para pengrajin tas kulit di Balai Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. (Foto : Ist).

SIDOARJO, iNews.id - Para pengrajin tas kulit yang berada di Desa Kedensari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo mendapat pemeriksaan mata hingga kacamata gratis.

Aksi sosial itu digelar Eyelink Foundation bersama Natamata Eyewear terhadap sekitar 70 pengrajin tas itu digelar di kantor desa setempat pada Jum'at (27/10/2023). Kegiatan itu untuk memperingati World Sight Day (WSD) atau Hari Penglihatan Sedunia.

Nurdin, salah satu pengrajin tas mengaku senang dengan pemeriksaan mata gratis tersebut. Kakek berusia 63 tahun itu mengaku mengeluh saat bekerja selalu merasa buram.

Apalagi, lanjut dia, jika dirinya sedang menjahit tas kulit haruslah tepat penglihatan. Kondisi mata agak buram tersebut mengganggu aktifitasnya.

"Setelah saya diperiksa ternyata saya memiliki katarak, sehingga perlu untuk pemeriksaan lanjutan. Saya berterimakasih adanya pemeriksaan gratis ini sehingga mengetahui penyebab selama ini,” ungkapnya.

Pemeriksaan mata hingga pembagian kacamata gratis ini tak hanya digelar di Sidoarjo saja. Kegiatan ini dilakukan Eyelink Foundation secara bergantian selama Oktober 2023 di berbagai lokasi di Jawa Timur, diantaranya Gresik, Lamongan, dan Bangkalan.

Aktivitas pemeriksaan dan pembagian kacamata baca gratis ini telah dilakukan secara bertahap sejak pertengahan Oktober 2023 hingga target 5.000 kacamata baca gratis terdistribusikan.

Aksi tersebut melibatkan banyak komunitas pekerja non sektoral dan organisasi, seperti IPEMI, APPSI, Kampung Nelayan, komunitas UMKM, pengusaha warung, pengrajin shuttlecock, tas kulit, dan banyak lainnya.

Ketua Yayasan Eyelink Foundation Muhammad Azzam Rabbani menjelaskan, banyak kasus kecelakaan kerja seperti cedera mata terjadi akibat minimnya kepedulian para pekerja terhadap kesehatan mata.

“Karena itu, momen World Sight Day ini merupakan momen yang tepat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya para pekerja untuk lebih peduli terhadap kesehatan mata,” tuturnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut