get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Renovasi 410 Warung Rakyat di Sidoarjo Tengah Dikebut

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 19:43 WIB
header img
Sosialisasi warung rakyat direnovasi dihadiri oleh Forkopimda, OPD, Camat seluruh Sidoarjo, dan Perwakilan Kasi Perekonomian di 18 Kecamatan di Kabupaten Sidoarjo. (Foto : dokumen/ist).

SIDOARJO, iNews.id - Proyek swakelola renovasi warung rakyat (warak) yang tersebar di Kabupaten Sidoarjo tengah dikebut. Total ada 410 warung yang direnovasi lewa anggaran dari APBD Sidoarjo 2023.

Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Sidoarjo Danar Yanuastuti mengatakan, program 2.000 warung rakyat direnovasi tahun ini sudah berjalan dan dimulai bulan September 2023.

Ia menyebut sebanyak 410 warung tersebut tersebar di enam kecamatan, diantaranya Kecamatan Buduran, Kecamatan Gedangan, Kecamatan Waru, Kecamatan Taman, Kecamatan Balongbendo dan Kecamatan Wonoayu.

"Pelaksanaan renovasi warung saat ini sudah berjalan yang sebelumnya dilakukan verifikasi penerima bantuan oleh kecamatan dari usulan pihak desa yang mengajukan renovasi warung warganya," tuturnya.

Ia juga menjelaskan pelaksanaan program ini tidak lagi menggunakan sistem lelang, namun dirubah menjadi swakelola yang dikerjakan oleh Kelompok Masyarakat/Pokmas di desa itu sendiri.

"Renovasi dilakukan dengan cara swakelola tipe empat atau lebih kearah pemberdayaan masyarakat, dan renovasi hanya bersifat ringan tidak sampai pada mengerjakan pondasi warung atau bahkan membangun kembali warung dengan dinding bata," jelasnya.

Dikatakannya, dengan sistem seperti itu semua masyarakat akan mendapatkan manfaat dari program tersebut. Tidak hanya pemilik warung, namun warga dapat terlibat dalam program tersebut.

"Semisal, tukang bangunan berasal dari desa setempat serta material bangunannya pun bisa beli di toko bangunan yang ada di desa itu sendiri. Jadi swakelola ini akan memberikan dampak luas bagi warga desa juga," ungkapnya.

Ia pun juga menyampaikan bahwa pihaknya memberikan pendampingan Pokmas dalam pengerjaan renovasi warung. Pendampingan dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengawasan sampai pelaporan hasil kegiatan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut