get app
inews
Aa Read Next : Wamenparekraf Apresiasi ISSITA, Dukung Kembangkan Sport Tourism di Jawa Timur

Kabar Duka, Tokoh NU Jatim Choirul Anam Meninggal Dunia, Ini Profil dan Kiprahnya

Senin, 09 Oktober 2023 | 11:38 WIB
header img
Tokoh NU dan senior GP Ansor Choirul Anam atau Cak Anam. (Foto: dok NU Online)

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id – Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Jawa Timur (Jatim) Choilrul Anam atau akrab disapa Cak Anam meninggal dunia, Senin (9/10/2023). Cak Anam meninggal dunia sekitar pukul 05.49 WIB.

Kabar duka ini disampaikan keluarganya dan beredar luas di sejumlah grup WhastApp. انا لله وإناإليه راجعون _Innalillahi wa inna ilaihi raji'un... Telah berpulang ke rahmatullah, ayahanda kami, Choirul Anam (Cak Anam), pagi ini pukul 05.49. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau.

Dan mohon do'a nya untuk kepulangan beliau. Kepergian Cak Anam tentu meninggal duka mendalam bagi para kader dan warga nahdliyin.

Sebab, kiprah dan perjuangan Cak Anam di NU selama ini cukup besar. Profil dan Biodata Cak Anam Dilansir dari iNews.id, Senin (9/10/2023) melalui dari berbagai sumber, Choirul Anam, lahir di Jombang, Jawa Timur, 30 September 1954.

Sejak kecil hingga SMA, Cak Anam mengabiskan waktunya di Jombang. Cak Anam memulai belajarnya di Madrasah Ibtidaiyah Nadlatul Ulama (MINU) di Jombang dan tamat pada 1967.

Lalu melanjutkan pendidikan jenjang SMP hingga SMA di kota yang sama. Lulus SMA, Cak Anam melajutkan kuliah di Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya (sekarang UNISA).

Selama kuliah, Cak Anam mendalami NU untuk penulisan Skripsi hingga lulus sarjana pada tahun 1984 dengan gelar Sarjana Ilmu Aqidah dan Filsafat. Perjalanan Organisasi Cak Anam tercatat sebagai aktivis sejak di kampus IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Dia aktif di organisasi intra maupun ekstra kampus. Di intra kampus, Cak Anam pernah dua kali mejadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan pernah menjadi ketua presidium Dewan Mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Sedangkan di ekstra kampus, Cak Anam aktif di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Di masa pergerakan sekitar tahun 1977/1978, Cak Anam pernah ditahan selama 4 bulan gegara mendemo Presiden Soeharto.

Sejak 1978 Cak Anam juga aktif di dunia pers kampus. Pada tahun 1982 Cak Anam pernah diutus oleh KH Achmad Sjaichu untuk mengikuti “Course Regional Islamic Da’wah Council of South east Asia and the Pasific” di Universitas Teknologi Malaysia di Kuala Lumpur.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut