get app
inews
Aa Read Next : Cara Laporkan Adanya Tindak Dugaan Korupsi Dana Desa, Masyarakat Berhak Awasi Dana Desa

Gunakan DD, Pemdes Pepe Sidoarjo Bangun Saluran Irigasi Sepanjang 70 Meter

Selasa, 03 Oktober 2023 | 14:12 WIB
header img
Kades Pepe, Moh Yasir saat meninjau pembangunan irigasi yang tengah dikerjakan. (Foto : Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Pemerintah Desa Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo membangun saluran irigasi area persawahan selebar 1,5 meter dan panjang 70 meter yang berlokasi di Dusun Tani Sawah RT 12, RW 06 desa setempat.

Pembangunan irigasi yang tengah proses di area persawahan tersebut merupakan upaya memperoleh ketersediaan air untuk lahan pertanian. Pembangunan itu untuk merealisasikan program Ketahanan Pangan Nasional Tahun 2023.

Selain itu juga untuk menindaklanjuti program nasional dari Kemendes, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (KDPDTT) RI, yang diprioritaskan dari 7 Program tersebut.

Kepala Desa Pepe Moh Yasir mengatakan, pembangunan saluran air irigasi area persawahan tersebut merupakan program prioritas. Ia menyebut, bangunan itu dialokasikan dari Dana Desa (DD) sebesar Rp 115,5 juta.

"Kami berharap agar irigasi ini dapat berdampak baik kepada pertanian, agar panen dengan hasil memuaskan," ucap dia.

Lebih jauh menurut dia, pembangunan irigasi sebagai sarana langkah pendukung infrastruktur yang perlu direalisasikan berkelanjutan. Apalagi, sambung dia, sektor pertanian di desanya itu merupakan sebuah mata pencaharian bagi warganya.

"Apalagi keberadaan irigasi akan bermanfaat bagi mereka, dan diharapkan para petani terus memaksimalkan memproduksi padinya secara baik serta efisien," tandasnya.

A Khudhori, petani warga desa setempat mengapresiasi dengan adanya program infrastruktur pembangunan saluran air irigasi dari KDPDTT RI melalui Pemdes setempat penggunaan Dana Desa.

Ia menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan juga Pemdes Pepe atas dilaksanakan pembangunan saluran air irigasi yang dibutuhkan petani saat menanam padi.

"Pembangunan saluran irigasi ini, dapat mengaliri lahan persawahan kepada petani lainnya secara lancar dan ketika hasil panen menjadi harapan terus meningkat," ujar dia Ketua Kelompok Tani Sido Makmur II.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut