get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Maulid Nabi Muhammad Tradisi Perayaan Terpopuler di Pulau Jawa, Intip Keseruannya

Kamis, 28 September 2023 | 11:49 WIB
header img
Gunungan pada tradisi Grebeg Maulud atau Sekaten (Foto: IG/@garuda.indonesia)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id – Nabi Muhammad Shallallahu alaihi Wasallam merupakan sosok penting dalam lahirnya agama Islam di muka bumi. Ia adalah sosok penting pembawa wahyu untuk menyebarkan ajaran agama Islam sehingga menjadi agama rahmatan lil alamin hingga detik ini.

Tak heran, sosok Nabi Muhammad begitu dicintai oleh umatnya dan di berbagai negara hari kelahirannya pun dirayakan dengan beragam kegiatan meriah.

Perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad lebih dikenal dengan Maulid Nabi, yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriah.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad sudah mengakar di kalangan masyarakat Indonesia, khususnya Pulau Jawa. Meski ada sejumlah golongan menganggap perayaan Maulid Nabi sebagai perbuatan bid'ah, namun faktanya Maulid Nabi di berbagai daerah di Indonesia semakin banyak yang merayakan dengan caranya masing-masing.

Islam masuk dan menyatu dengan budaya masyarakat setempat sehingga melahirkan berbagai tradisi unik dalam merayakan Maulid Nabi. Selain tradisi, momen perayaan Maulid Nabi yang begitu meriah juga menjadi daya tarik pariwisata.

Berikut MNC Portal sajikan 4 tradisi unik perayaan Maulid Nabi Muhammad paling populer di Pulau Jawa, dikutip dari okzone.com Kamis (28/9/2023) sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber;

1. Grebeg Maulud (Sekaten) Tradisi unik pertama yang ada di Pulau Jawa dan sudah sangat terkenal hingga berbagai penjuru wilayah tanah air tentu saja adalah prosesi Grebeg Maulud atau yang disebut juga Sekaten. Prosesi ini dilaksanakan selama seminggu penuh yaitu sejak 5 Rabiul Awal, ditandai dengan berbagai kegiatan seperti permainan gamelan di Masjid Keraton diikuti dengan rangkaian ceramah hingga pembacaan riwayat hidup Nabi Muhammad. Puncaknya adalah diadakannya Grebeg Maulud yakni para pemuka keraton berjalan beriringan diikuti gunungan berupa makanan untuk dibagikan kepada masyarakat. Kegiatan ini juga kini diiringi dengan adanya pasar malam yang diadakan di alun-alun keraton, menjadikan Sekaten benar-benar sebuah hajatan rakyat.

2. Ngalungsur Pusaka Bagi masyarakat Sunda dan sebagian Betawi, momentum Maulid Nabi dirayakan dengan cara membersihkan benda-benda pusaka (ngalungsur pusaka) peninggalan Sunan Rohmat Suci, sosok yang dikenal juga dengan nama Raden Kian Santang. Upacara ritual tersebut biasanya dilakukan oleh warga di Kabupaten Garut, Jawa Barat hingga Banten. Benda pusaka tersebut dibersihkan dan dicuci dengan air berbunga dan digosok dengan minyak wangi agar tidak berkarat.

Selain sebagai upaya menghormati warisan tokoh agama Islam terkemuka di tanah Sunda, prosesi tersebut juga sebagai upaya untuk melestarikan dan mensosialisasikan keberadaan benda-benda peninggalan Sunan Rohmat Suci.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut