get app
inews
Aa Read Next : Sandiaga Uno Apresiasi Mahfud MD dalam Debat Cawapres

Ganjar Disebut Rendahkan Profesi Jurnalis, Pangeran Siahaan : Hanya Bicara Ketimpangan Dunia Kerja

Senin, 25 September 2023 | 07:00 WIB
header img
Ketua Gerakan LARI Pangeran Siahaan menilai Ganjar Pranowo tidak merendahkan profesi jurnalis melainkan berbicara soal ketimpangan dunia kerja. Foto/MPI

Pangeran mengungkapkan, beberapa waktu yang lalu Mendikbudristek Nadiem Makarim menyebut 80% hasil lulusan perguruan tinggi bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan apa yang mereka pelajari waktu kuliah.

"Bahkan lebih khusus secara jurnalistik dari UI, Undip dan remotivi yang mengatakan bahwa 65% mahasiswa dan 63% mahasiswi itu tidak menaruh bidang jurnalisme sebagai pilihan utama di tempat mereka mau berkarier. Ketidakcocokan apa yang dipelajari dengan apa yang dilakukan ketika bekerja," kata Pangeran.

"Bahkan kalau kita lihat beberapa jurnalis top Indonesia itu banyak yang belajarnya, kuliahnya bukan jurnalistik atau komunikasi ada yang kuliah hukum, ada yang kuliah sastra, ada yang kuliah psikologi bahkan ada yang kuliah arsitektur," tambahnya.

Pangeran menegaskan apa yang disampaikan Ganjar bukan untuk merendahkan profesi jurnalis. Tapi sedang membicarakan ketimpangan hasil lulusan pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja.

"Jadi apa yang dikatakan oleh Pak Ganjar itu bukan merendahkan profesi jurnalis tapi sedang membicarakan ketimpangan hasil lulusan dunia pendidikan dengan kebutuhan dunia kerja," tandasnya. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut