get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Civitas Akademika Umsida dan Smamda Gelar Demo Tuntut Kemerdekaan Palestina

Dosen dan Mahasiswa UNESA Gelar Pelatihan Metode VAKT Bantu Siswa Disleksia Belajar Membaca

Jum'at, 22 September 2023 | 21:25 WIB
header img
Dosen dan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB), UNESA menggelar pelatihan metode visual auditori kinestetik dan taktil (vakt) pada siswa disleksia melalui handycraft di SD Hang Tuah 1 Surabaya, Kamis, (21/9/2023).

Dengan metode vakt ini, lanjut Marlin, agar kesulitan dalam membedakan contoh huruf u dan n bisa diatasi dengan banyak input sensori, sehingga kami memberikan banyak paket handycraft.

"Ada 72 paket handycraft yang kami serahkan kepada pihak sekolah untuk bisa di pakai sebagai media pembelajaran mengenal angka dan membaca," imbuhnya.

Terpisah, Kepala sekolah SD Hang Tuah 1 Surabaya, Leny Susanty, M.pd sangat mengapresiasi adanya kegiatan PKM di sekolahnya dengan metode vakt.

"Saya sangat senang bisa mengikuti pelatihan dengan metode ini. Saya mendapatkan banyak ilmu baru tentang teknik kinestetik dan taktil. Memang di sekolah kami, ada anak disleksia namun hanya 1 atau 2 anak saja. Tahun ini, siswa kami yang disleksia sudah masuk kelas 4 dan alhamdulillah sudah bisa menyesuaikan diri dan perkembangan baik dalam mengatasi kesulitan membaca," jelasnya.

Masih menurut Leny, dengan adanya metode pelatihan hari ini, pihaknya yakni akan berdampak positif kepada anak didik, melalui keterampilan membuat handycraft yang dinilai cukup menarik untuk diterapkan disekolah.

"Adanya kegiatan pelatihan ini saya yakin akan berdampak positif bagi kami dan anak didik," pungkasnya.

Sementara itu, PKM UNESA terdiri dari Ni Made Marlin Minarsih, S.pd, M.pd selaku ketua, Dr. Asri Wijiastuti, M.pd, Prof. Siti Mashitoh, M.pd, Ima Kurroatun Aini, M.pd serta Devina Rahmadiani Kammarudin M.pd dan 3 mahasiswa prodi PLB semester 5 yakni Wahyu Nurfaizi W, Ahmad Zulvikar H, Naila Khoiroh N.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut