get app
inews
Aa Read Next : Siswa SMA Al Muslim Jawa Timur Jelajahi Sejarah dan Budaya Islam di Bulan Ramadan

Ajarkan Ecoprint Siswa KB TK, Mahasiswa PLB UNESA Manfaatkan Limbah Tekstil Jadi Karya

Kamis, 13 Juni 2024 | 19:05 WIB
header img
Siswa KB TK Yayasan Aurica, Surabaya saat diberikan edukasi membuat karya dengan Membuat Ecoprint with Pounding Technique, Rabu (12/6).

SURABAYA , AiNews.id-Pemanfaatan limbah sebenarnya sangat berguna untuk dijadikan karya yang ramah lingkungan. Limbah tekstil konvensional merupakan sisa-sisa proses pembuatan produksi dari industri tekstil maupun rumah tangga. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Luar Biasa ( PLB ) UNESA, melalui kegiatan Studi Independen Kewirausahaan melaksanakan program “Ecoprint with Pounding Technique” mengajak siswa-siswi sekolah Inklusi KB TK Aurica yang berada di Surabaya untuk mencoba membuat karya berupa tas dari limbah tekstil.

Sebanyak 12 mahasiswa PLB UNESA semester 6 ini melibatkan 25 peserta didik baik reguler maupun peserta didik dengan gangguan pendengaran di Yayasan Aurica ikut andil dalam membuat karya ecoprint ini di luar kelas. Sekar, satu mahasiswa menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini menuai banyak manfaat bagi anak-anak usia dini.

"Kegiatan outdoor Learning bersama teman-teman meningkatkan keterampilan bekerjasama dalam tim, belajar bergantian dengan teman, menumbuhkan kemauan untuk Tutor Sebaya dan meningkatkan keterampilan soft skill sejak dini,"Jelasnya Rabu (12/6/2024).

Sekar menambahkan, melalui program “Ecoprint with Pounding Technique”, mahasiswa, peserta didik dan pihak KB TK Aurica mendapatkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman baru.

"Mampu membawa inspirasi serta mengembangkan solusi pemanfaatan limbah konvensional dan bahan alam memiliki dampak positif bagi masyrakat yang lebih luas" imbuhnya.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut