get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Emak-Emak di Desa Pagerngumbuk Sidoarjo Dilatih Olah Daging Ikan Jadi Jajanan Enak

Rabu, 20 September 2023 | 20:23 WIB
header img
Emak-emak ketika mengikuti pelatihan pengolahan daging ikan di Balai Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo. (Foto : Amrizal Zulkarnain/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Emak-emak di Desa Pagerngumbuk, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo dilatih mengolah berbagai macam jajanan enak berbahan dasar daging ikan.

Renty Agustiningsih, narasumber pelatihan mengelola ikan mengatakan, pelatihan ini fokus pada pengolahan hasil perikanan, terutama ikan patin. Pasalnya, jenis ikan patin juga mudah di dapatkan dari pasar-pasar lokal disekitar.

"Tujuan pelatihan ini yakni belajar untuk menjadi kreatif dan inovatif dalam mengolah ikan, termasuk membuat rolade ikan patin dan sate lilit patin," ujar Renty, ditemui usai kegiatan pelatihan.

Selain meningkatkan keterampilan dalam mengolah ikan, pelatihan yang dilakukan di Pendopo Balai Desa Pagerngumbuk ini juga mendukung program pemerintah dalam memerangi stunting.

Seperti halnya dengan menciptakan olahan makanan kaya protein yang menggabungkan ikan dengan sayur-sayuran.

Dalam pelatihan, menurut perempuan yang juga sebagai Ketua UMKM Kecamatan Wonoayu mendapat respon dari peserta sangat baik.

Sebab, lanjut dia, resep-resep yang diajarkan mudah diterapkan. Sedangkan keterampilan yang diperoleh dapat dijadikan komoditas jualan untuk meningkatkan pendapatan dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Ditanya soal motivasi, Renty mengaku hanya untuk berbuat baik dan menyebarkan manfaat. "Karena ilmu adalah salah satu sumber pahala di masa depan," terangnya, Rabu (20/9/2023).

Sudartati, Ketua PKK Desa Pagerngumbuk mengaku puas atas terselenggaranya pelatihan yang bermanfaat bagi warga setempat dalam mengelola ikan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut