get app
inews
Aa Read Next : Sorong Mencekam! 5 Anggota Terluka Akibat Bentrok Personel Pomal dan Brimob

Ulik Tari Musyoh Papua, Tarian Sakral Menenangkan Arwah Orang Meninggal Tak Wajar

Senin, 18 September 2023 | 10:04 WIB
header img
Penampilan tari musyoh Papua untuk menenangkan arwah. (Foto: romadecade)

PAPUA, iNewsSidoarjo.id - Tari musyoh Papua menarik diulas. Tarian ini merupakan tarian tradisional masyarakat Papua. Tari musyoh terbilang sakral karena fungsinya untuk menenangkan arwah orang yang meninggal secara tidak wajar.

Dahulu, tarian ini akan dibawakan ketika ada orang meninggal dunia karena kecelakaan atau karena sebab lain yang tidak wajar. Masyarakat Papua meyakini, orang yang meninggal dunia secara tidak wajar, maka arwahnya tidak akan tenang. Itu sebabnya, harus dilakukan ritual upacara khusus, berupa tari musyoh.

Tari Musyoh Papua Sejarah tari musyoh Papua bermula saat seorang tetua adat meninggal dunia karena kecelakaan tragis. Khawatir terjadi sesuatu, masyarakat Papua pun menggelar ritual yang disertai dengan tarian.

Tujuannya agar arwah tetua adat bisa pergi dengan tenang. Sejak saat itu, tarian musyoh berkembang hingga dilaksanakan secara turun temurun. Setiap kali ada yang meninggal kecelakaan atau sebab lain, maka tarian musyoh akan dibawakan.

Namun, pada perkembangannya, tarian musyoh mulai mengalami pergeseran fungi. Dari sebelumnya hanya untuk ritual yang sakral untuk menenangkan arwah, kini mulai dimainkan untuk sarana hiburan.

Properti Layaknya tarian adat pada umumnya, tarian musyoh Papua menggunakan berbagai properti sebagai pendukung. Semuanya sesuai dengan adat istiadat papua.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut