get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Begini Cara Kader Posyandu Mutiara Ceria dan Pemdes Pepe Sidoarjo Cegah Stunting Sejak Dini

Rabu, 13 September 2023 | 16:56 WIB
header img
Moh Yasir, Kades Pepe, Kecamatan Sedati, Sidoarjo ketika sosialisasikan pencegahan stunting ke orangtua balita. (Foto : Ulum Fajar Setiawan/iNewsSidoarjo.id).

SIDOARJO, iNews.id - Kolaborasi Posyandu dan Pemerintah Desa (Pemdes) Pepe, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo untuk menekan kasus stunting di wilayahnya terus digencarkan.

Upaya tersebut terlihat dalam kegiatan pencegahan stunting yang diikuti 20 anak balita dengan pendampingan yang digelar di kantor desa setempat, Rabu (13/9/2023).

Kepala Desa Pepe Moh Yasir mengatakan, posyandu merupakan ujung tombak pencegahan stunting di wilayahnya. Ia menjelaskan, kader posyandu selalu di lapangan untuk memantau perkembangan balita agar tidak terkena stunting atau gizi buruk.

"Aksi yang dilakukan kader posyandu ini berkunjung secara door to door ke rumah untuk melihat dan menilai faktor resiko perkembangan kelayakan sanitasinya balita," ucapnya.

Yasir menjelaskan, para kader posyandu itu mendeteksi anak usia dini apabila ada kecurigaan ke arah stunting pada balita. Tak hanya itu, para kader juga mensosialisasikan pada orangtua balita, bagaimana langkah dalam pencegahan stunting untuk anak.

"Dan bila masyarakat dalam kondisi sakit atau belum memiliki kendaraan, pihak kader posyandu siap untuk jemput bola untuk melayani kesehatan di tengah warga dalam kondisi apapun," ungkapnya.

Lebih jauh ia berharap, pencegahan stunting sejak dini di wilayahnya tak cukup dilakukan kader posyandu saja, namun peran orang tua sangat penting untuk ikut andil dalam memantau pertumbuhan anaknya, terutama rurun membawa ke posyandu.

"Peran orang tua juga penting mendukung program pencegahan stunting. Itu dilakukan secara rutin untuk mengukur tinggi badan, berat badan, hingga lingkar kepala anak balita dan ini merupakan upaya biar pertumbuhan balita yang baik dan sehat," jelasnya.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut