get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Lagi! 4.796 Hektare Lahan Hangus, Kebakaran di Gunung Arjuno-Welirang Makin Meluas

Sabtu, 09 September 2023 | 15:21 WIB
header img
Proses pemadaman api di Gunung Arjuno sisi Malang dan Kota Batu (BPBD Kota Batu /istimewa)

PASURUAN, iNewsSidoarjo.id – Kebakaran lahan dan hutan (karhutla) di Gunung Arjuno-Welirang terus meluas. Total hingga kini diperkirakan luas lahan terbakar mencapai 4.796 hektare dengan 50 persen berada di wilayah Kabupaten Pasuruan hingga Jumat (8/9/2023).

Dari data yang dihimpun, ada sebanyak 2.724 hektare lahan terbakar di Kabupaten Pasuruan. Kemudian disusul Kota Batu dengan 909,93 hektare, sisanya 807,35 hektare di Kabupaten Malang dan 330,86 hektare di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono mengatakan, titik api pertama berdasarkan aplikasi SiPongi muncul pertama kali di di luar area Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, tepatnya di area Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Meski demikian api diklaim Adhy sudah mulai terkendali.

“Mayoritas titik-titik api di wilayah lereng Gunung Arjuno sudah dipadamkan, termasuk di kawasan Gunung Ringgit, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan,” ucap Adhy Karyono di Posko Darurat Penanganan di Prigen, Kabupaten Pasuruan, dilansir dari iNews.id pada Sabtu (9/9/2023).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut