get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS! Timur Tengah Memanas, Israel Balas Serang Iran

Garis Pertahanan Pertama Rusia Berhasil Dibobol Ukraina

Minggu, 03 September 2023 | 11:42 WIB
header img
Ukraina sukses menembus garis pertahanan pertama Rusia di dekat Zaporizhzhia. Foto/Ilustrasi

KIEV, iNewsSidoarjo.id - Setelah berminggu-minggu melakukan pembersihan ranjau dengan susah payah, pasukan Ukraina akhirnya berhasil menembus pertahanan pertama Rusia di dekat Zaporizhzhia. Kini mereka berharap bisa menekan garis pertahanan kedua yang lebih lemah.

Jenderal Ukraina yang memimpin serangan balasan di wilayah selatan, Oleksandr Tarnavskiy, memperkirakan Rusia telah mencurahkan 60% waktu dan sumber dayanya untuk membangun garis pertahanan pertama dan masing-masing hanya 20% untuk membangun garis pertahanan kedua dan ketiga karena Moskow tidak memperkirakan pasukan Ukraina akan berhasil melewatinya.

“Kami sekarang berada di antara garis pertahanan pertama dan kedua,” katanya, berbicara kepada Observer dalam wawancara pertamanya sejak penerobosan tersebut.

Ia mengatakan pasukan Ukraina kini berusaha keluar dari kedua garis yang berhasil diterobos dan mengkonsolidasikan kekuasaan mereka di wilayah yang direbut dalam pertempuran baru-baru ini.

“Di tengah serangan, kami sekarang menyelesaikan penghancuran unit musuh yang melindungi mundurnya pasukan Rusia di belakang garis pertahanan kedua mereka,” ujarnya seperti dikutip dari sindonews.com melalui kanal The Guardian, Minggu (3/9/2023).

Ladang ranjau yang luas menjebak pasukan Ukraina selama berminggu-minggu ketika pasukan infanteri perlahan-lahan membersihkan rute penyerangan dengan berjalan kaki. Pasukan Rusia di belakangnya hanya berdiri dan menunggu tentara Ukraina, menyerang kendaraan dengan peluru dan drone.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut