get app
inews
Aa Read Next : Selebrasi Ala Shaolin Soccer! Momen Ernando Ari usai Laga Timnas Indonesia U-23 Vs Australia

Dikenal Penghasil Orang Pintar! 3 Daerah di Kalimantan Timur Jadi Sorotan

Sabtu, 01 Juli 2023 | 12:48 WIB
header img
Ilustrasi (Foto:Freepik)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Terdapat 3 daerah penghasil oraang pintar di Kalimantan Timur ini membanggakan Indonesia. Pasalnya, setiap provinsinya pun memiliki luas daerah yang tak main-main.

Salah satunya adalah Provinsi Kalimantan Timur dengan luas mencapai 127.346,92 km persegi yang dihuni oleh 3,77 juta jiwa pada 2020.

Dari banyaknya masyarakat yang menghuni Provinsi Kalimantan Timur, pada 2022 lalu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di provinsi ini pun mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Dari acuan data IPM tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Timur, berikut 3 daerah penghasil orang pintar di Kalimantan Timur, Dikutip dari okzone.com pada Sabtu (1/7/2023):

1. Kota Samarinda Sebagai Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur tentunya memiliki perkembangan yang lebih maju daripada wilayah-wilayah lain Kalimantan Timur karena menjadi pusat pemerintahan, ekonomi, gaya hidup, serta pendidikan.

Kota ini memiliki berbagai institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Mulawarman yang menghasilkan banyak lulusan pintar dalam berbagai bidang.

Berdasarkan data IPM tahun 2022 BPS Provinsi Kalimantan Timur, Kota Samarinda tercatat mencapai IPM sejumlah 81,43. Jumlah tersebut naik cukup signifikan dari tahun 2021 yakni sebesar 80,76.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut