get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Melihat Keguyuban Panitia Kurban Masjid Siti Suci Nur Rohmah Magersari saat Sembelih 39 Sapi

Jum'at, 30 Juni 2023 | 21:12 WIB
header img
Ketua Takmir Masjid Siti Suci Nur Rohmah Magersari Sidoarjo, H. S Makin Rahmat ketika memberikan pengarahan sebelum membagikan daging kurban. (Foto : ist).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Keguyuban panitia kurban Masjid Siti Suci Nur Rohmah di Perumahan Magersari, Kabupaten Sidoarjo patut dicontoh buat panitia lainnya.

Ya, panitia kurban tersebut tak hanya dari kalangan umat muslim saja, melainkan warga yang non muslim juga ikut membantu.

Tak ayal, hanya hitungan jam saja puluhan hewan kurban tuntas disembelih dan didistribusikan kepada penerima. Padahal, jumlah hewan kurban yang disembelih itu sebanyak 39 sapi dan 18 kambing.

Semua itu tuntas disembelih dan didistribusikan kepada penerima yang dilakukan pada Kamis (29/6/2023) kemarin, hari pertama Idhul Kurban 1444 H.

"Pukul 16.00 WIB atau jam 4 sore sudah selesai semua," ucap Ketua Takmir Masjid Siti Suci Nur Rohmah, H. S Makin Rahmat kepada iNewsSidoarjo.id, Jum'at (30/6/2023).

Abah Makin, sapaan karibnya mengungkapkan, panitia kurban yang dilibatkan sebanyak 400 orang yang terdiri dari jamaah masjid, warga setempat hingga warga non muslim juga ikut membantu.

Panitia itu dikoordinatori oleh Bahar Junaidi. Para panitia itu memiliki peran masing-masing, sejak penyembelihan dilakukan usai solat Idul Adha, sekitar pukul 07.00 WIB.

Total 400 panitia itu memiliki peran masing-masing. Misalnya, sebagian panitia ada yang membantu proses penyembelihan hingga pemotongan daging kurban.

Ada juga yang sibuk menyediakan minuman hingga hidangan makanan yang dilakukan ibu-ibu dari Muslimat dan PKK setempat buat panitia.

Abah makin mengungkapkan, pihaknya mendatangkan 8 jagal profesional untuk menyembelih puluhan sapi dan belasan kambing. Tak hanya itu, untuk pemotongan daging juga disediakan mesin potong.

“Ada 4 mesin pemotong yang langsung dioperasionalkan. Empat mesin itu dirakit sendiri oleh warga sekitar yang memang ahli dalam urusan mesin. Jadi semua cepat selesai,” ungkapnya.

Hewan Kurban dari Warga Lewat Program TPHQ

Semua hewan kurban yang disembelih itu berasal dari jemaah dan warga yang mengikuti program Tim Pengadaan Hewan Qurban (TPHQ) tabungan kurban tidak lepas dari keguyuban, kebersamaan dan niat mensyukuri rejeki untuk berbagi.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut