get app
inews
Aa Read Next : Kritik Netralitas Presiden Jokowi, Anggota Komite HAM PBB dari Senegal Soroti Pemilu 2024

Dimandikan 2 Kali Sehari, Inilah Sapi Kurban Presiden Jokowi Seberat 1 Ton

Kamis, 15 Juni 2023 | 18:47 WIB
header img
Sapi kurban Jokowi untuk warga Palembang. (Foto: Dede F).

PALEMBANG, iNewsSidoarjo.id - Ada perlakuan khusus bagi Sapi kurban Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ya, sapi jenis Simental dengan berat mencapai 1 ton itu mendapat perawatan khusus.

Perawatan khusus itu diantaranya dimandikan sehari sebanyak 2 kali, termasuk perawatan yang layak, baik itu dari segi kebersihan kandang hingga pakan yang dikonsumsi.

"Sapi ini juga sebetulnya kesayangan anak saya dan diberi nama Baba. Perawatannya memang agak beda, karena sapi ini manja bahkan harus dimandikan sehari dua kali," kata Ibrahim, pemilik peternakan sapi Simental yang dibeli oleh Presiden Jokowi.

Ibrahim mengatakan, sapi tersebut telah dibeli seharga Rp 95 juta. Sebelum dijual, sapi tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Sebelumya saya mengajukan untuk persiapan sapi Presiden. Alhamdulilah peternakan saya dipilih," ujarnya, Kamis (15/6/2023).

Menurutnya, sapi tersebut sebelumnya dibeli dari Lampung ketika berusia 1,5 tahun. Kemudian, dirinya pun membesarkan sapi tersebut di peternakannya hingga berumur 3,5 tahun dan beratnya mencapai 1 ton.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Efendi menjelaskan, Presiden Jokowi sebelumnya telah mencari beberapa sapi kurban untuk di Palembang. Dari beberapa peternak yang mengajukan, sapi jenis Simental milik Ibrahim terpilih sebagai hewan kurban Presiden.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut