get app
inews
Aa Read Next : Dibesuk ketika Sakit, Termasuk Hak-Hak Tetangga Menurut Ajaran Islam

Kisah Nabi Yusuf yang Sabar Hadapi Kezaliman, Patut Diteladani

Jum'at, 09 Juni 2023 | 14:25 WIB
header img
Kisah Nabi Yusuf AS (freepik)

Namun, Nabi Yusuf tidak tergoda dan memanjatkan doa. Arab: قَالَ رَبِّ السِّجْنُ اَحَبُّ اِلَيَّ مِمَّا يَدْعُوْنَنِيْٓ اِلَيْهِ ۚوَاِلَّا تَصْرِفْ عَنِّيْ كَيْدَهُنَّ اَصْبُ اِلَيْهِنَّ وَاَكُنْ مِّنَ الْجٰهِلِيْنَ Latin: Qāla rabbis-sijnu aḥabbu ilayya mimmā yad‘ūnanī ilaih(i), wa illā taṣrif ‘annī kaidahunna aṣbu ilaihinna wa akum minal-jāhilīn(a).

Artinya: (Yusuf) berkata, “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka. Jika Engkau tidak menghindarkan tipu daya mereka dariku, niscaya aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentu aku termasuk orang-orang yang bodoh.”

Dalam kisah Nabi Yusuf, karena menolak niat buruk sang ibu angkat, Nabi Yusuf difitnah dan dimasukkan ke dalam penjara. Namun, ketakwaan kepada Allah membuatnya ia bebas dari penjara.

Nabi Yusuf pun tumbuh menjadi seseorang yang dihormati, yakni bendaharawan negeri (Mesir).

Tak lupa, ia memanjatkan doa kepada Allah SWT seperti dalam surat Yusuf ayat 101: Arab: رَبِّ قَدْ اٰتَيْتَنِيْ مِنَ الْمُلْكِ وَعَلَّمْتَنِيْ مِنْ تَأْوِيْلِ الْاَحَادِيْثِۚ فَاطِرَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ اَنْتَ وَلِيّٖ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۚ تَوَفَّنِيْ مُسْلِمًا وَّاَلْحِقْنِيْ بِالصّٰلِحِيْنَ Latin: Rabbi qad ātaitanī minal-mulki wa ‘allamtanī min ta'wīlil-aḥādīṡ(i), fāṭiras-samāwāti wal-arḍ(i), anta waliyyī fid-dun-yā wal-ākhirah(ti), tawaffanī muslimaw wa alḥiqnī biṣ-ṣāliḥīn(a).

Artinya: Tuhanku, sungguh Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kekuasaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian takwil mimpi. (Wahai Tuhan) pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat.

Wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang-orang saleh.” Demikian kisah Nabi Yusuf AS singkat. Semoga bisa menambah iman kita kepada Allah SWT ya! iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut