get app
inews
Aa Read Next : Al-Mutsanna, Sosok yang beri Perintah Khalifah Abu Bakar usai Kuasai Irak

Inilah Kisah Kedermawanan Tiga Sahabat Nabi Muhamad SAW yang Diabadikan Al-Qur’an

Rabu, 30 Maret 2022 | 07:26 WIB
header img
Kisah kedermawanan Abu Bakar Ash-Shiddiq, Ursman bin Affan, dan Abdurrahman bin Auf diabadikan dalam Al-Quran. Foto/Ilustrasi: Ist

 

iNewsSidoarjo.id-Semua umat muslim tentunya banyak mendengar tentang para sahabat Nabi Muhammad SAW dimuliakan Allah SWT, selain berkat keimanan mereka, karena tingginya perjuangan dan pengorbanan mereka untuk membantu Nabi Muhammad SAW berjuang di jalan Allah SWT.

Ada banyak sekali kisah heroik-inspiratif dari para sahabat Nabi SAW yang berjuang dengan segala upaya, tenaga, pikiran maupun waktu mereka, guna menyebarkan ajaran Allah SWT di muka bumi.

Allah SWT menyinggung tentang buah dari kedermawanan tiga sahabat Nabi Muhammad SAW, yakni Utsman bin Affan , Abdurahman bin Auf , dan Abu Bakar Ash-Shiddiq .

Kisah Utsman bin Affan dan Abdurahman bin Auf tertuang pada surah al-Baqarah ayat 261 dan khusus Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam surat Al-Lail ayat 17-21.

Allah SWT berfirman: مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْۢبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِيْ كُلِّ سُنْۢبُلَةٍ مِّائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللّٰهُ يُضٰعِفُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۗوَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ ٢٦١

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji.

Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Mahaluas, Maha Mengetahui.” (QS Al-Baqarah : 261)

Secara umum, surah al-Baqarah [2] ayat 261 berbicara tentang ganjaran bagi orang yang berinfaq di jalan Allah SWT.

Melalui perumpamaan perkembangan sebuah benih dan buahnya, Allah SWT mengatakan bahwa Dia akan melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang dikehendaki-Nya, sesuai dengan keadaan hati orang yang berinfak berupa keimanan dan keikhlasan yang sempurna.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut