get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Uji Kesigapan Personel, Bandara Juanda Gelar Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat

Kamis, 18 Mei 2023 | 20:46 WIB
header img
Simulasi penanggulangan keadaan darurat saat pesawat mengalami kecelakaan, Rabu, (17/5/2023).

Lebih jauh Sisyani menyebut setidaknya melibatkan 810 personel dari stakeholder bandara, yang merupakan anggota dari Airport Emergency Committee, dan Airport Security Committee, PT Angkasa Pura I antara lain TNI, Polri, Basarnas, BPBD, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Pemadam Kebakaran (PMK) Waru dan Sidoarjo, Airnav Indonesia, Imigrasi serta beberapa rumah sakit di wilayah Sidoarjo.

“Sebagai salah satu bandara dengan trafik terpadat di Indonesia, Bandara Juanda harus senantiasa siap memberikan pelayanan yang optimal, terutama dalam menjaga keselamatan dan keamanan operasional bandara," ujar Sisyani.

Dirinya memastikan bahwa kegiatan PKD tersebut telah dikomunikasikan kepada stakeholder melalu penerbitan Notam.

"Melalui Notam tersebut kami menginformasikan bahwa di area sisi udara atau pada 420 meter sebelum Runway 28 kami melaksanakan pemadaman mock up pesawat Elang Air yang disimulasikan mengalami pendaratan darurat dan mesin pesawat terbakar, ucapnya Sisyani melanjutkan, bahwa dalam bisnis kebandarudaraan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan merupakan prioritas utama, yang bersifat mandatori dan menjadi perhatian ekstra karena menyangkut keselamatan jiwa manusia. Karenanya, diperlukan pelatihan yang dilaksanakan secara berkala untuk menguji fungsi koordinasi, komunikasi serta komando antar unit dan instansi, sesuai dengan Dokumen Penanggulangan Keadaan Darurat Bandara, atau Airport Emergency Plan Documen dan Dokumen Program Keamanan Bandar Udara atau Airport Security Programme Document.

“Saat ini rata-rata recovery rate pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Juanda pasca pandemi Covid-19 sudah mencapai 73 persen. Sampai dengan triwulan satu Bandara Juanda melayani 3,2 juta pergerakan penumpang dan lebih dari 22 ribu pergerakan pesawat. Melihat operasional bandara yang hampir pulih, Kami ingin memastikan seluruh aspek pelayanan selalu siap dalam kondisi apapun," tambah Sisyani.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut