get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Berikut Daftar 5 Milyader yang disegani Vladimir Putin

Minggu, 02 April 2023 | 20:03 WIB
header img
Miliarder terkaya Rusia yang dikenal disegani oleh Presiden Vladimir Putin (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSidoqrjo.id - Rusia memiliki sejumlah miliarder yang sangat terkenal dan mempunyai pengaruh dalam dunia bisnis maupun politik di negara tersebut.

Melangsir dari iNews.id, berikut adalah 5 miliarder terkaya Rusia yang dikenal disegani oleh Presiden Vladimir Putin.

1. Vladimir Potanin Vladimir Potanin lahir pada tahun 1961 di Moskow dan mendapatkan gelar sarjana dari Lomonosov Moscow State University. Ia memulai karirnya di sektor keuangan sebelum beralih ke bisnis pertambangan dan produksi nikel.

Potanin memimpin perusahaan tambang nikel terbesar di dunia, Norilsk Nickel, dan juga memiliki kepemilikan dalam sejumlah perusahaan lain di Rusia dan negara-negara lain.

Potanin dikenal sebagai salah satu miliarder terkaya di Rusia dengan kekayaan bersih sekitar 30 miliar dolar AS. Potanin juga dikenal sebagai salah satu miliarder terdekat dengan Presiden Putin dan terlibat dalam sejumlah proyek pemerintah di Rusia.

2. Leonid Mikhelson Leonid Mikhelson lahir pada tahun 1955 di Azerbaijan dan mendapatkan gelar sarjana dari Moscow State University of Railway Engineering.

Ia memulai karirnya di sektor minyak dan gas sebelum mendirikan Novatek, sebuah perusahaan minyak dan gas yang sangat sukses di Rusia. Mikhelson dikenal sebagai salah satu miliarder terkaya di Rusia dengan kekayaan bersih sekitar 29 miliar dolar AS.

Ia juga dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan Putin dan terlibat dalam sejumlah proyek pemerintah, termasuk pembangunan pipa gas dan infrastruktur energi.

3. Alisher Usmanov Alisher Usmanov lahir pada tahun 1953 di Uzbekistan dan menjadi warga negara Rusia pada tahun 2000.

Ia memulai karirnya sebagai seorang guru sebelum beralih ke dunia bisnis pada tahun 1980-an. Setelah mengumpulkan cukup uang, Usmanov membeli saham di berbagai perusahaan di Rusia dan negara-negara lain, termasuk Facebook, Twitter, dan Alibaba. Usmanov dikenal sebagai salah satu miliarder terkaya di Rusia dengan kekayaan bersih sekitar 21 miliar dolar AS.

Ia juga memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Presiden Putin dan terlibat dalam sejumlah proyek pemerintah, termasuk pembangunan infrastruktur dan investasi di sektor energi.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut