get app
inews
Aa Read Next : Kapolda Jatim Sebut Murni Kecelakaan, Ledakan Mako Brimob Rusak Kantor dan Mobil

Gonjang Ganjing Sirekap KPU, Suara Caleg Jatim 1 Arzeti Bilbina Malah Berkurang Hanya Selisih Sejam

Senin, 19 Februari 2024 | 23:38 WIB
header img
Arzeti Bilbina, Caleg DPR RI Dapil Jatim I dari PKB bersama pendukungnya. (Foto: ist).

SIDOARJO, iNews.id - Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU saat ini tengah gonjang ganjing. Kondisi tersebut membuat gaduh suasana dalam perhitungan suara para calon legislatif (caleg).

Itulah diantaranya yang dialami Arzeti Bilbina, Caleg Petahana dari PKB di Dapil Jatim I yang meliputi Kota Surabaya dan Kabupaten Sidoarjo. Suara yang diperoleh Arzeti malah turun dalam jumlah ribuan hanya dalam waktu hitungan sejam.

“Sudah ngawur Sirekap di Jatim ini ya. Kok bisa angka Mba Arzeti menurun sampai dua ribuan dalam waktu satu jam dengan persentase perhitungan yang justru bertambah. Ini yang mengejutkan Mba Arzeti dan tim kami disini,” ucap Nur Zaini, Ketua Tim Pemenangan Arzeti Bilbina, Senin (19/2/2024).

Zaini menuturkan, pihaknya terkejut dengan perolehan suara yang berubah-ubah dan menurun dalam jumlah ribuan hanya dalam hitungan jam. Ia mencontohkan seperti yang terjadi pada Senin (19/2/2024).

Pada pukul 16.00 WIB, sebut dia, suara Arzeti Bilbina tercatat diangka 29.001 dengan jumlah TPS yang sudah masuk 55,01 persen. Perolehan suara Arzeti Bilbina berada diposisi teratas dari para caleg lain PKB di Dapil Jatim I, unggul dengan selisih 2.000 lebih dari caleg pesaing terdekat yang ada di bawahnya.

Namun, lanjut dia, hanya dalam satu jam dengan perhitungan yang sudah masuk 55.18 persen, suara Arzeti Bilbina justru merosot diangka 27.202 suara.

“Kok bisa angka Mba Arzeti menurun sampai dua ribuan dalam waktu satu jam dengan persentase perhitungan yang justru bertambah. Ini yang mengejutkan Mba Arzeti dan tim kami disini,” ungkapnya dengan nada heran.

Zaini pun mempertanyakan kinerja Sirekap KPU di Jawa Timur, khususnya Sidoarjo dan Surabaya. Mengapa tidak ada sinkronisasi antara jumlah persentasi suara yang masuk dan malah mengalami pengurangan, bukan penambahan.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut