get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Proses Keanggotaan Finlandia di NATO Disetujui Turki

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:24 WIB
header img
Foto: Reuters.

Mengenai proses untuk Swedia, Erdogan mengatakan bahwa Turki akan terus melakukan pembicaraan berdasarkan prinsip-prinsip aliansi dan pendekatan keduanya dalam memerangi terorisme.

“Saya yakin prinsip dan niat baik negara kami dalam mempercepat proses (aksesi NATO) dapat dilihat lebih jelas,” tambah Erdogan.

Erdogan menerangkan Stockholm telah menerima terorisme, yang tidak terjadi pada Finlandia seraya menekankan bahwa perkembangan proses aksesi keanggotaan tergantung pada langkah nyata yang diambil Swedia.

Tak hanya itu, Erdogan juga mengingatkan, Turki telah mengajukan daftar 120 teroris kepada Swedia dan mendesak pemerintah negara itu untuk menyerahkan mereka kepada Turki.

"Tidak mungkin bagi kami untuk bersikap positif terhadap Swedia jika teroris tidak diserahkan kepada kami." ujar Erdogan Mengulangi sikap Turki atas pengembangan NATO, Erdogan menekankan bahwa Turki memiliki ‘benang merah’ dalam memerangi terorisme.

Ia menambahkan bahwa selama Turki menyaksikan pendekatan yang tidak baik terhadap negara itu dalam memerangi terorisme, maka Turki siap mengambil sikap apapun dimanapun pendekatan itu muncul.

Sementara itu Niinisto berterima kasih kepada Ankara atas nama seluruh rakyat Finlandia dengan persetujuan tersebut dan mengatakan “sangat senang mendengar kabar baik”. Setelah sekian lama mengabaikan militer non aliansi, Finlandia dan Swedia secara resmi mengajukan permohonan menjadi anggota NATO pada Mei tahun lalu.

Namun, anggota lama NATO Turki, meminta kedua negara Nordik tersebut untuk membuat langkah nyata memerangi kelompok teror seperti PKK dan Organisasi Teroris Fetullah (FETO), yang melakukan propaganda, pendanaan, dan pengerahan di negara-negara ini.

Pada Juni lalu, Finlandia dan Swedia menandatangani memorandum bersama Turki untuk mengatasi masalah keamanan Ankara, dan diplomat senior serta pejabat ketiga negara telah mengadakan sejumlah pertemuan sejak saat itu membahas penerapan kesepakatan trilateral.iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut