get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Meriahkan Mlaku Bareng Milad ke-56 RS Siti Khodijah Sepanjang

Proses Keanggotaan Finlandia di NATO Disetujui Turki

Sabtu, 18 Maret 2023 | 19:24 WIB
header img
Foto: Reuters.

ANKARA, iNewsSidoarjo.id-Turki pada Jumat, (17/3/2023) mengatakan menyetujui proses protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di sidang parlemen mereka.

Hal itu memperhatikan bahwa Finlandia telah memenuhi masalah keamanan Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Finlandia Sauli Niinistro di Ankara mengatakan Turki telah memutuskan untuk mengajukan proses persetujuan protokol keanggotaan NATO untuk Finlandia di parlemen negara itu.

Melangsir dari okezone.com menyebutkan negosiasi atas permohonan Swedia dan Finlandia pada KTT NATO Madrid pada Juni 2022, Erdogan mengatakan Turki salah satu negara yang membela kebijakan pintu terbuka NATO.

“Turki telah melihat Finlandia melakukan langkah tulus dan nyata untuk memenuhi komitmennya dalam memorandum tiga pihak sejak ditandatangani pada KTT Madrid,” kata Erdogan sebagaimana dilansir ANTARA.

Lebih jauh Erdogan menambahkan bahwa NATO akan semakin kuat dengan masuknya Finlandia sebagai anggota, ia meyakini negara itu akan berperan aktif dalam menjaga keamanan dan stabilitas global.

Masih menurut Erdogan, hubungan Turki-Finlandia akan diperkuat berdasarkan persekutuan NATO menyusul penyelesaian proses persetujuan itu.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut