Logo Network
Network

Kisah Kejujuran Petugas Kebersihan Serahkan Tas Berisi Puluhan Juta Milik Penumpang Kereta

erfan erlin
.
Senin, 23 Januari 2023 | 19:08 WIB
Kisah Kejujuran Petugas Kebersihan Serahkan Tas Berisi Puluhan Juta Milik Penumpang Kereta
Sudaryanto, petugas cleaning service Stasiun Tugu yang jujur, dia kembalikan tas penumpang berisi Rp40 juta. (Foto : dok PT KAI DOap 6).

Saat itu, petugas cleaning service menemukan sebuah tas hitam milik calon penumpang di area mesin check in counter. Saat itu memang stasiun dipadati oleh calon penumpang karena bertepatan dengan libur panjang Tahun Baru Imlek.

Menyadari tas tersebut bukanlah miliknya, iapun langsung melaporkan dan menyerahkan tas yang ditemukan ke Pos Pengamanan. Selanjutnya petugas pengamanan melakukan pendataan dan tak tanggung-tanggung dalam tas tersebut terdapat uang sebanyak Rp44.108.000 serta sebuah handphone.

"Petugas keamanan kemudian berkoodinasi dengan announcer stasiun untuk memberikan pemberitahuan,"ujarnya.

Pemilik barang menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena Daop 6 telah menemukan barang berharganya. Dia juga sangat mengapresiasi nilai-nilai kejujuran yang dimiliki oleh insan KAI dalam menjalankan setiap tugasnya.

Manager Humas Daop 6 Franoto Wibowo mengatakan bahwa sejatinya barang bawaan menjadi tanggung jawab penumpang sendiri. KAI memang menyediakan berbagai fasilitas keamanan yang memadai, namun itu tidak seharusnya menjadikan penumpang lengah.

"Meskipun tingkat keamanan yang diberikan KAI Daop 6 sudah baik, penumpang harus tetap waspada dan fokus dalam menjaga barang bawaannya," katanya.

Belum lama ini, pada masa libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023, Daop 6 juga telah melakukan pengembalian barang temuan sebanyak 21 barang kepada pemiliknya.

Adapun jenis barang tersebut diantaranya Laptop, HP, Tablet, Smartwatch, Dompet, dan lain-lain dengan taksiran senilai 74 juta rupiah.

"Pada masa peak season memang volume penumpang meningkat drastis, sehingga kami imbau sekali lagi agar pelanggan tidak lengah. Kami juga mengingatkan agar para pelanggan membawa barang secukupnya dan usahakan dalam satu tempat, misalnya koper atau ransel," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di iNews.id, berikut link beritanya :

https://yogya.inews.id/berita/petugas-cleaning-service-jujur-serahkan-tas-berisi-uang-rp40-juta-milik-penumpang-kereta-yang-tertinggal/all

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini