get app
inews
Aa Read Next : Viral Bus Jurusan Banda Aceh-Papua, Netizen: Penumpang Turun Sudah Jadi Keluarga

Kisah Perjuangan Kakek Berusia 100 Tahun Berangkat Haji, Dua Kali Gagal Berangkat hingga Jual Kebun

Selasa, 30 Mei 2023 | 11:25 WIB
header img
Kakek berusia 100 tahun asal Gayo Lues, Aceh yang akhirnya berangkat haji setelah gagal dua kali (Antara).

GAYO LUES, iNewsSidoarjo.id - Impian kakek berusia 100 tahun untuk meunaikan rukun Islam kelima, menunaikan ibadah haji akhirnya terwujud. Ya, meski kakek bernama Muhammad Taher Abdussalam itu sempat dua kali gagal berangkat.

Kakek kelahiran Tampeng, Gayo Lues, Aceh itu berangkat dalam kelompok terbang ke Mekkah melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM), Aceh Besar pada Senin (29/5/2023). Ia masuk (kloter) 6 bersama jemaah lainnya asal Kabupaten Gayo Lues, Bireuen, dan Lhokseumawe.

Perjuangan kakek berusia 100 tahun untuk berangkat ke tanah suci itu cukup panjang. Bahkan, ia sepat dua kali gagal ke Baitullah sejak mendaftar untuk berangkat haji sekitar sembulan tahun silam atau tepatnya pada 14 Oktober 2014.

Taher bercerita, dirinya sudah dua kali gagal berangkat ke Tanah Suci. Kali pertama saat pandemi Covid-19 yang merebak hampir seluruh dunia. Kali kedua ketika Pemerintah Arab Saudi masih membatasi usia jamaah maksimal 65 tahun.

Taher mengatakan jika tahun 2023 ini menjadi tahun yang paling menyenangkan untuknya. Pasalnya, dia bisa menunaikan ibadah yang selama ini diimpikannya.

“Saat dengar kabar sudah bisa berangkat lansia, (saya) sudah mulai sehat. Tengok di TV tidak ada lagi batasan umur, nah bisa berangkat ini, sudah semangat terus saya,” kata Taher.

Bahkan untuk menyempurnakan rukun Islamnya, Muhammad Taher rela menjual tanah kebun miliknya guna melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih).

"Alhamdulillah, saya bahagia sekali bisa melaksanakan ibadah haji kali ini, semoga semuanya berjalan lancar," kata Taher dilansir dari iNewsAceh.id, Selasa (30/5/2023).

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut