get app
inews
Aa Read Next : Satpam KAI Ini Jujur, Amankan Tas Milik Penumpang Berisi Uang Rp24 Juta

Kisah Kejujuran Petugas Kebersihan Serahkan Tas Berisi Puluhan Juta Milik Penumpang Kereta

Senin, 23 Januari 2023 | 19:08 WIB
header img
Sudaryanto, petugas cleaning service Stasiun Tugu yang jujur, dia kembalikan tas penumpang berisi Rp40 juta. (Foto : dok PT KAI DOap 6).

YOGYAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kejurujuran petugas kebersihan atau cleaning service PT KAI Daop 6 bernama Sudaryanto ini perlu diapresiasi. Sebab, mengembalikan tas berisi uang puluhan juta milik seorang penumpang kereta api yang tertinggal di stasiun.

Sudaryanto mengatakan, peristiwa itu terjadi hari Sabtu (21/1/2023) ketika dirinya tengah mengepel lantai di depan mesin ATM kemudian melihat ada tas dekat dengan loket pembelian tiket. Saat itu kondisi ruangan tengah kosong tidak ada penumpang.

"Jadi saya lihat kiri kanan sudah tidak ada orang lagi. Tas-nya saya ambil dan tak kasihkan ke Satpam," tutur dia dilansir dari iNewsYogya.id

Dia mengaku tidak berani membuka tas selempang tersebut karena bukan miliknya. Dia memilih langsung menyerahkan ke Satpam untuk diserahkan ke pemiliknya.

Tas itu kemudian dibuka bersama-sama di mana ada empat orang yang menjadi saksi. Dan ternyata tas tersebut berisi uang lebih dari Rp40 juta berupa pecahan Rp100-an. Petugas kemudian mengumumkan penemuan tas tersebut.

"Sekitar 40 menitan orangnya datang mengambil. Untungnya orangnya belum berangkat," ujarnya.

Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta, Franoto Wibowo mengatakan, saat menggunakan transportasi umum seperti kereta api seringkali dijumpai barang milik pelanggan tertinggal di kereta api atau lingkungan stasiun.

Beragam penyebab mendasari hal tersebut seperti tergesa-gesa hingga terlalu banyak membawa barang bawaan.

"Apalagi pada saat peak season libur panjang, karena banyaknya orang bepergian pada masa tersebut sehingga stasiun menjadi padat sehingga banyak pelanggan yang berkurang fokusnya sehingga mengakibatkan barang bawaan tertinggal," kata dia.

Editor : Nanang Ichwan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut