get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Senjata Tajam Masih Menancap di Kepala Korban, Ibu dan Anak Tewas Dibantai

Senjata Tempur Jarak Dekat Ditakuti dan Mematikan, Berikut Asal Usulnya

Kamis, 17 November 2022 | 19:52 WIB
header img
Monumen Pisau Komando Kopassus menancap kokoh di Puncak Lalana, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. (Foto : Penkopassus)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id - Kopassus memiliki senjata pertempuran jarak dekat yang dinamakan pisau komando. Jika dilihat sekilas bentuknya seperti pisau biasa, namun ternyata punya keistimewaan yang kehadirannya begitu fenomenal di dunia pasukan elite sebagai senjata mematikan.

Senjata pisau itu bernama Fairbairn & Sykes atau pisau komando yang menjadi andalan prajurit Kopassus saat mendapat penugasan.

Dikutip dari buku 'Weapon, a Visual History of Arms and Armours' karya Roger Ford, pisau komando ini pertama kali digunakan kepolisian di China.

Mengutip dari iNews.id dari sejarahnya, ide pembuatan pisau itu dibuat William Ewart Fairbairn yang saat itu mendapat tugas khusus sebagai kepala polisi di Shanghai, Tiongkok.

Saat itu tahun 1930 sering terjadi perkelahian antargeng di China, Wiliam lantas berpikir agar anggotanya dibekali senjata efektif dan mematikan.

Bersama temannya, dia merancang pisau berbilah dua yang tidak terlalu lebar namun panjang. Pisau ini mempunyai panjang handle 10 sentimeter dengan bilah 18 cm.

Pisau komando buatan William dan temannya didesain untuk menusuk. Bilah pisaunya dirancang dapat menembus sela tulang iga manusia sehingga langsung mengenai jantung lawan.

Setelah itu pisau William dan temannya tersebut digunakan banyak pasukan khusus di dunia. Namun pisau komando setiap kesatuan berbeda, didesain sesuai kebutuhan.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut