Jelang Pemilu 2024, Ini Kata Direktur CePad Indonesia

Yoyok Agusta
.
Senin, 14 November 2022 | 20:03 WIB
Direktur Center for Participatory Development (CePad) Indonesia Kasmuin. (Foto : Yoyok Agusta/iNews Sidoarjo).

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id - Persiapan Pemilu 2024 saat ini terus dilakukan oleh pemerintah melalui KPU dan Bawaslu. Kondusifitas diharapkan tetap dijaga demi berlangsungnya pesta demokrasi yang jujur, adil dan aman.

Direktur Center for Participatory Development (CePad) Indonesia, Kasmuin mengatakan, kondusivitas keamanan jelang Pemilu serentak memang harus dilakukan. Karena itu diharapkan masyarakat jangan mudah mempercayai berita maupun informasi yang bisa bikin gaduh.

“Terutama untuk pengamat politik yang seharusnya memberikan wawasan ke masyarakat, justru jangan membuat komentar yang membuat situasi tambah panas,” jelas Aba Kasmuin, sapaan karibnya.

Dirinya mencontohkan, adanya salah satu pengamat politik yang berkomentar tentang, dugaan adanya pertemuan Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Kabupaten Sidoarjo, dengan salah satu anggota DPR RI.

"Komentarnya sangat menggelikan, karena narasumber yang berkomentar di berita itu tidak menyebut jelas siapa anggota DPR RI yang dimaksud. Sedangkan yang membahayakan, komentarnya itu bisa menyulut situasi panas di Sidoarjo," ujarnya.

Lebih lanjut Kasmuin menambahkan, gawe politik masih agak jauh menuju Pemilu 2024. Apalagi Panwascam baru saja dilantik. Karena itu diharapkan tidak membuat statemen yang bisa memperkeruh kondisi politik di Sidoarjo.

“Ini membahayakan sekali, karena bisa menyulut situasi yang tidak kondusif," jelasnya.

Kasmuin berharap, komentar yang diumbar di publik, harus bisa memberikan pendidikan politik yang cerdas dan valid. jika hanya berkomentar berdasar dugaan, maka itu yang membahayakan.

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini