get app
inews
Aa Read Next : Resahkan Warga, Ular Sanca Dievakuasi Petugas BPBD Sidoarjo

Sambut Baik SiPemuda, Ini yang Ditanyakan Warga Gedangan

Senin, 07 November 2022 | 16:18 WIB
header img
Program SiPemuda yang di gelar di Gedangan, Senin (7/11/2022)

SURABAYA, iNewsSidoarjo.id-Petugas Lapas Sidoarjo Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar layanan inovasi pemasyarakatan masuk desa (SiPemuda) di Kantor Desa Gedangan.

Salah satu warga yang memantik diskusi terkait alur dan tata cara pemberian hak pembebasan bersyarat adalah Joko. Dia bertanya terkait persyaratan yang perlu disiapkannya agar anaknya yang sedang menjalani masa pembinaan di lapas, bisa mendapatkan hak pembebasan bersyarat.

“Kami ini masih belum sepenuhnya paham terkait syarat yang harus kami penuhi, padahal kami juga pengen segera bertemu dengan anak kami,” tutur Joko. Senin, (7/11/2022).

Curhatan pria 63 tahun ini disambut gemuruh dari warga. Seolah pernyataan Joko mewakili perasaan warga lainnya.

Mendengar hal tersebut, Kepala Lapas Sidoarjo Teguh Pamuji mengatakan, bahwa layanan SiPemuda menjadi upaya untuk semakin mendekatkan layanan lapas ke masyarakat.

Karena selama ini, banyak masyarakat yang masih bingung dengan hak-hak keluarganya yang sedang menjalani pembinaan. Yaitu hak dasar dan hak bersyarat.

“Untuk hak dasar selama ini tidak ada masalah, namun untuk hak bersyarat, masih banyak masyarakat yang kebingungan untuk melengkapi persyaratannya,” ujar Teguh.

Hak bersyarat yang dimaksud seperti pemberian remisi, asimilasi hingga pembebasan bersyarat. Selama ini masyarakat harus bolak-balik ke lapas hanya sekedar untuk memenuhi persyaratan yang diminta.

“Padahal selama ini berkas yang dipersyaratkan banyak bersinggungan dengan pemerintah desa, jadi kami hadir di sini, tujuannya agar bisa sekaligus berkolaborasi menyelesaikan persoalan warga,” terang Teguh.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut