Begini Kesibukan Putra Aji Adhari Sekarang, Remaja yang Bobol Situs NASA pada 2019

Muhamad Fadli Ramadhan
.
Sabtu, 24 September 2022 | 12:11 WIB
Nama Putra Aji Adhari pada 2019 sempat membuat heboh karena keberhasilannya membobol situs Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).Foto/Freepik/Celebrities.id

Kebersilannya itu membuka jalan bagi Putra Aji Adhari untuk melebarkan sayapnya di dunia cyber scurity. Sekarang Putra merupakan seorang Founder dan CEO Sibertrenid.

Menariknya, Putra tak pernah mempelajari ilmu informatika secara resmi. Dia menekuni dunia ini secara otodidak dengan mempelajarinya di Google dan bergabung dengan komunitas peretas, yang mana di sini white hat hacker.

Berkat kemampuan yang lebih terasah, kini Putra Aji Adhari dipercaya oleh empat perusahaan besar untuk mengelola keamanan siber mereka untuk mencegah kebocoran data.

“Sekarang saya dikontrak oleh tiga perusahaan swasta di Indonesia dan satu perusahaan asing untuk keamanan siber mereka. Tapi saya juga menganbil proyek lain yang masih terkait dengan cyber security,” ujar Putra.

Kepedulian Putra Aji Adhari terhadap SDM di Indonesia yang masih sangat kurang dalam hal keamanan siber, menggerakkannya untuk membangun Sibertrenid.

Itu merupakan perusahaan yang melatih kemampuan seseorang untuk menjadi peretas.

“Tujuan saya membangun Sibertren untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia akan keamanan siber. Saya juga menyediakan pelatihan untuk meretas. Menurut saya di Indonesia sangat kurang dalam dunia cyber security.,” ucap Putra.

Putra Aji Adhari juga mengatakan saat ini Sibertren memiliki instruktur yang tersertifikasi internasional. Menurutnya, jika lebih banyak praktisi di dunia keamanan siber, maka sistem keamanan siber di Indonesia bisa lebih kuat.

“Saya berharap Sibertren bisa menjadi penguji keamanan siber.” pungkasnya.

iNewsSidoarjo Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com:

https://tekno.sindonews.com/read/891489/207/bobol-situs-nasa-pada-2019-begini-kesibukan-putra-aji-adhari-sekarang-1663762189

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini