Tingkatkan Kompetensi dan Karakter Siswa, SMK Negeri I Buduran, Gencar Implementasikan P5

Yoyok Agusta
.
Jum'at, 23 September 2022 | 17:38 WIB
Kepala Sekolah SMK Negeri I Buduran, Dra Agustina, Saat Membuka Market Day, Jumat (23/9/2022) (Yoyok Agusta/iNewsSidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Guna meningkatkan pencapaian kompetensi dan karakter siswa, SMK Negeri I Buduran gencar mengimplementasikan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Hal itu di wujudkan dengan menggelar kegiatan Market Day dengan tema Kewirausahaan,(23/9).

Kegiatan Market Day itu digelar di lapangan basket yang terdapat di area sekolah. Terdapat lebih dari tiga puluh meja , yang digunakan sebagai stand untuk menjajakan hasil karya para siswa.

Hasil karya pelajar ini, berupa makanan dan beberapa produk lainnya, kemudian dijual ke siswa lain hingga para guru yang ada di sekolah tersebut.

Kegiatan Market Day ini didesain oleh para peserta didik, tidak hanya itu mereka juga melakukan investigasi jenis produk yang akan di buat hingga mencari strategi pemasaran yang tepat agar produk mereka laku di pasaran.

“Anak-anak dididik tidak saja mahir membuat produk mereka, namun, harus juga pandai menjual hasil karyanya, sehingga nanti bisa sukses sebagai seorang enterpreneur. Bahkan, mereka juga bisa membuat pembukuan sebagai laporan akhir,” ungkap Kepala sekolah SMK Negeri I Buduran Dra.Agustina, M,Pd, setelah melakukan peninjau di stand penjualan pada Jumat (23/9/2022).

Lebih jauh Agustina menjelaskan, dalam Market Day itu, tidak saja mendidik siswa agar mumpuni berjualan produk mereka, tapi juga untuk meningkatkan kepekaan mereka agar mampu bekerja sama dengan siswa lain, yang memiliki perbedaan ide dan gagasan.

“Setelah saya amati, anak-anak sudah bisa melakukan hal itu, saya rasa ini sangat luar biasa. Keberhasilan itu tidak lepas dari bimbingan Tim SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) SMK Negeri I Buduran,” jelas Agustina.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini