Logo Network
Network

Tingkatkan Kompetensi dan Karakter Siswa, SMK Negeri I Buduran, Gencar Implementasikan P5

Yoyok Agusta
.
Jum'at, 23 September 2022 | 17:38 WIB
Tingkatkan Kompetensi dan Karakter Siswa, SMK Negeri I Buduran, Gencar Implementasikan P5
Kepala Sekolah SMK Negeri I Buduran, Dra Agustina, Saat Membuka Market Day, Jumat (23/9/2022) (Yoyok Agusta/iNewsSidoarjo)

SIDOARJO, iNewsSidoarjo.id-Guna meningkatkan pencapaian kompetensi dan karakter siswa, SMK Negeri I Buduran gencar mengimplementasikan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Hal itu di wujudkan dengan menggelar kegiatan Market Day dengan tema Kewirausahaan,(23/9).

Kegiatan Market Day itu digelar di lapangan basket yang terdapat di area sekolah. Terdapat lebih dari tiga puluh meja , yang digunakan sebagai stand untuk menjajakan hasil karya para siswa.

Hasil karya pelajar ini, berupa makanan dan beberapa produk lainnya, kemudian dijual ke siswa lain hingga para guru yang ada di sekolah tersebut.

Kegiatan Market Day ini didesain oleh para peserta didik, tidak hanya itu mereka juga melakukan investigasi jenis produk yang akan di buat hingga mencari strategi pemasaran yang tepat agar produk mereka laku di pasaran.

“Anak-anak dididik tidak saja mahir membuat produk mereka, namun, harus juga pandai menjual hasil karyanya, sehingga nanti bisa sukses sebagai seorang enterpreneur. Bahkan, mereka juga bisa membuat pembukuan sebagai laporan akhir,” ungkap Kepala sekolah SMK Negeri I Buduran Dra.Agustina, M,Pd, setelah melakukan peninjau di stand penjualan pada Jumat (23/9/2022).

Lebih jauh Agustina menjelaskan, dalam Market Day itu, tidak saja mendidik siswa agar mumpuni berjualan produk mereka, tapi juga untuk meningkatkan kepekaan mereka agar mampu bekerja sama dengan siswa lain, yang memiliki perbedaan ide dan gagasan.

“Setelah saya amati, anak-anak sudah bisa melakukan hal itu, saya rasa ini sangat luar biasa. Keberhasilan itu tidak lepas dari bimbingan Tim SPW (Sekolah Pencetak Wirausaha) SMK Negeri I Buduran,” jelas Agustina.

Dari hasil kegiatan Market Day ini, akan dilakukan evaluasi oleh Tim SPW, guna mencari kendala yang dihadapi para pelajar, sehingga nantinya mereka benar-benar memiliki kemampuan dalam berwirausaha.

“Pada umumnya siswa yang mengikuti Market Day ini sudah memiliki usaha di rumahnya. Jadi para guru di sekolah hanya tinggal memberikan masukan ide agar usaha mereka makin berkembang. Harapannya, anak didik kami, jika Sudah lulus dari SMK Negeri I Buduran siap menjadi seorang pengusaha,” harap Agustina.

Salah satu peserta Market Day yakni Serli Fitriatin menuturkan, dirinya mengaku senang dengan adanya kegiatan ini, pasalnya, banyak mendapatkan ilmu baru tentang berbisnis.

Gadis belia yang juga memiliki wirausaha berupa Black Forest serta aneka macam kue itu, juga akan menerapkan ilmu yang didapat di sekolah untuk kemajuan usahanya.

“Senang sekali mengikuti Market Day, banyak pengalaman baru tentang jual beli. Dan pengalaman itu sangat berguna dan bisa saya terapkan saat menjalan usaha kue di rumah, apalagi saya sudah melayani penjualan Black Forest melalui online serta melayani COD (Cash And Delivery),”ujar Serli.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Follow Berita iNews Sidoarjo di Google News

Bagikan Artikel Ini